PENDIDIKAN

Juara GSI Bakal Dikirim ke Klub Dunia

JAKARTA, RADARSUKABUMI.com – Kompetisi sepakbola Gala Siswa Indonesia ( GSI ) jenjang SMP kembali digelar Kemendikbud. Perhelatan yang kedua ini merupakan hasil besutan Kemendikbud bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Juara kompetisi ini akan dikirim ke klub sepakbola ternama dunia. Tahun lalu, menurut Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Supriano, pemenangnya dikirim ke Italia, bertemu dengan pemain Juventus.

“Tahun lalu yang juara satu kami kirim ke Italia di klub Juventus. Di samping juara ada juga anak yang punya talenta sepakbola, kami kirim ke Jepang untuk melakukan pelatihan di sana. Saya rasa wadah inilah yang bisa menjadi harapan anak-anak,” kata Dirjen Ono usai membuka rakornas GSI 2019 di Jakarta.

Dengan mengirimkan para jawara ke klub ternama dunia, lanjut Dirjen Ono, sapaan akrab Supriano, memberikan pengalaman berharga bagi siswa di tingkat internasional. Jika di GSI 2018, Kemendikbud kerja sama dengan Juventus, tahun depan kemungkinan bisa ke klub ternama lainnya. Yang pasti wadah dan sistemnya sudah jelas. Apakah nanti para siswa ini bisa jadi pemain terbaik tergantung PSSI dan klub.

“Ada beberapa pemain dari GSI ini yang diincar oleh klub-klub bagus di Indonesia. Itu harapan kami ke depan, jebolan GSI bisa dimanfaatkan oleh klub-klub atau PSSI sendiri. Jadi enggak perlu repot-repot lagi cari pemain,” bebernya.

Direktur Pembinaan SMP Poppy Dewi Puspitawati mengatakan, perhelatan GSI tahun ini sudah dimulai dengan seleksi tingkat kecamatan yang diikuti 2.511 tim, berlangsung pada 1 Februari sampai 15 April 2019.

Selanjutnya seleksi tingkat kabupaten/kota diselenggarakan pada 1 April sampai 30 Juli 2019, diikuti 276 tim. Usai seleksi tingkat kabupaten/kota, segera dilaksanakan pertandingan tingkat provinsi, berlangsung pada tanggal 1 sampai 25 Agustus 2019. Sedangkan pertandingan tingkat nasional akan dilaksanakan pada 7 sampai 20 Oktober 2019, di Jakarta.

Mayjen TNI (Purn) Suwarno, Wakil I Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga dan Bidang Pembinaan Organisasi KONI, berharap Kemendikbud dapat melebarkan sayap ke cabang olahraga lainnya, seperti atletik dan renang.

“Kami sangat berharap program kaderisasi atlet dapat melebar ke cabang lainnya khususnya atletik dan renang. Sukses terus penyelenggaraan gala siswa,” tuturnya.

 

(esy/jpnn)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button