Catat! Ini Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Masuk Kuliah

yang Perlu Disiapkan Sebelum Masuk Kuliah
yang Perlu Disiapkan Sebelum Masuk Kuliah

SUKABUMI— Bagi kamu yang sudah tidak sabar untuk kuliah, tentu perasaan gugup akan menghantui, apalagi tahu ini menjadi pengalaman pertama kuliah. Memasuki dunia kuliah, memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang, baik pelajar atau pekerja.

Meski terdengar menyenangkan, namun persiapan kuliah bisa menjadi satu hal yang cukup memusingkan. Siklus transformasi dari SMA ke universitas, merupakan fase baru yang pastinya berbeda banget dengan kebiasaan sebelumnya.

Perbedaan waktu belajar di sekolah dan di kampus

Jam belajar di sekolah dan di kampus itu sudah tentu berbeda. Jika di sekolah, memiliki jam belajar yang pasti, misal dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore, berbeda dengan jadwal kuliah yang akan terkesan berganti-ganti. Belum tentu setiap hari ada kuliah, tapi bisa jadi satu hari full semua mata kuliah.

Dari waktu tersebut, sebelum masuk kuliah, wajib hukumnya untuk mencari tahu apa hal-hal yang penting di jurusan yang kamu pilih, agar belajarnya semakin nyaman. Jangan malu bertanya agar bisa beradaptasi dengan baik, misalnya kepada senior atau teman lain, juga kepada dosen dan staff, khususnya perihal jurusan dan kampus.

Dalam memilih jurusan, diharapkan sudah sesuai dengan apa yang kita sukai. Jika suka terhadap apa yang kamu pelajari, maka nantinya, akan lebih banyak terpapar informasi dan berkesempatan untuk mencoba berbagai aktivitas baru. Hal itu akan memberi pengalaman dan memunculkan juga ide kreatif kamu.

Rektor Universitas BSI, Dr Ir Mochamad Wahyudi, menjelaskan bahwa, jika kita berbicara dalam hal merancang masa depan, eksplorasi menjadi hal penting yang harus dilakukan, agar kamu tidak sampai salah memilih jurusan. Inilah sebabnya kenapa kamu harus mengubah pola pikir dalam merencanakan kuliah atau kariermu.

“Jurusan yang akan kamu pilih di bangku sekolah bukanlah tujuan. Akan tetapi, hal itu merupakan alat yang kamu gunakan untuk mencapai tujuan. Intinya, kamu harus sudah tahu dulu aspirasimu untuk masa depan. Barulah di perjalanannya, kamu bisa bereksplorasi mengenai bidang, jurusan, dan profesi yang ada di Universitas BSI yang sesuai dengan diri kamu dan apa yang menjadi aspirasimu,” katanya.

Paksa diri untuk aktif dalam kegiatan non-akademik

Jadi mahasiswa itu tidak cuma belajar atau mengikuti kegiatan akademi saja. Namun juga sebaiknya aktif di kampus melalui berbagai wadah dan organisasi. Salah satunya dengan ikut Organisasi Mahasiswa (Ormawa) maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau kepanitiaan acara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan