Triwulan Pertama, Kota Sukabumi Diterjang 53 Bencana

Bencana-Sukabumi
Sejumlah personel BPBD Kota Sukabumi saat melakukan evakuasi longsor

SUKABUMI — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat sepanjang Januari hingga Maret 2022 terdapat sebanyak 53 kali kejadian bencana yang tersebar di tujuh kecamatan.

Akibatnya, menimbulkan kerugian cukup pantastis yakni mencapai miliaran.

Bacaan Lainnya

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Imran Wardani mengatakan, dari Sistem Informasi Elektronik Data Bencana (SiEdan) yang dihimpun BPBD Kota Sukabumi, selama triwulan satu mencatatkan 53 kali kejadian bencana dengan luas area 43.497 hektare.

“Kerugian akibat bencana alam ini mencapai Rp6.088.220.000,” kata Imran kepada Radar Sukabumi, Kamis (7/4).

Jika melihat dari data yang ada, lanjut Imran, kejadian bencana paling banyak terjadi pada Februari yang jumlahnya mencapai 35 kejadian.

“Ya, kalau melihat data yang ada paling tinggi bencana terjadi pada Februari, karena Januari hanya terjadi 13 bencana dan Maret hanya 5 kejadian,” paparnya.

Dari 35 kejadian bencana pada Februari lalu, kerugian ditaksir mencapai Rp5.676.220.000 hingga mendominasi jumlah kerugian yang terjadi pada bulan Januari dan Maret.

“Kerugian pada Januari hanya Rp250.000.000 dan Maret hanya Rp162.000.000,” terangnya.

Imran menghimbau, masyarakat harus dapat meningkatkan kewaspadaan terkait potensi bencana yang ada disetiap wilayah nya masing-masing.

“Jika terjadi bencana alam masyarakat diminta segera melaporkan kepada pemerintah setempat,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan