Walikota Sukabumi Komitmen Perhatikan Disabilitas

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi saat memberikan bunga kepada penyandang disabilitas dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional Tahun 2021 di SLB-A Budi Nurani, Rabu (8/12). Foto:ist

BAROS– Pemerintah Kota Sukabumi akan terus memberikan dukungan penuh kepada kalangan disabilitas baik dari fasilitas sarana dan prasarana, pendidikan dan lainnya. Untuk itu, Pemkot menggencarkan gerakan peduli disabilitas dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional Tahun 2021 di SLB-A Budi Nurani, Rabu (8/12).

” Kami mendorong perhatian penuh kepada penyandang disabilitas. Namun pemkot menyadari masih ada yang belum terfasilitasi maksimal seperti sarana infrastruktur,” ujar Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Bacaan Lainnya

Oleh karenanya kata Fahmi, pemerintah berupaya mempersiapkan sarana tersebut di ruang terbuka publik misalnya di alun-alun dan kawasan pedestrian. Sebab negara harus hadir terutama untuk kalangan disabilitas.

Hal ini kata Fahmi, bentuk kepedulian dan keberpihakan pada hal-hal berhubungan sosial kemasyarakatan. Dimana saat ini perusahan merekrut kalangan disabilitas dan bahkan salah satu tenaga honorer dari kalangan disabilitas masuk di Dinas Sosial sebagai bentuk dukungan kepada kalangan disabilitas.

” Untuk dukungan kepada pendidikan, maka potensi kalangan disabilitas dimaksimalkan melalui SLB Budi Nurani,” katanya.

Intinya di momen hari disabilitas berharap terwujudnya Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca Covid-19.

Dalam momen ini juga dilakukan pemberian bantuan alat bantu kursi roda, alat bantu dengar, 17 tongkat penuntun adaptif, pemberian atensi yatim piatu korban Covid-19 sebanyak 65 orang, dan bazar. Di mana tujuan peringatan hari disabilitas Internasional (HDI) sebagai upaya peneguhan komitmen seluruh bangsa untuk membangun kepedulian bagi perwujudan kemandirian, kesetaraan, dan kesejahteraan disabilitas.

Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi Punjul Saeful Hayat mengatakan, momen hari disabilitas ini untuk memberikan kesadaran kepada warga bahwa penyandang disabilitas harus dibedakan melainkan mempunyai kesempatan yang sama. Selain itu mendorong semua pihak memberikan kepedulian kepada penyandang disabilitas. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.