Bappeda Kota Sukabumi Perdayakan Anak Muda

Bappeda Kota Sukabumi
Sukabumi Youth Planner Conference 2022 diikuti oleh 40 anak muda di Bappeda Kota Sukabumi. Foto: Istimewa

CIBEUREUM— Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi, bekerjasama dengan Sukabumi Creative HUb Kembali mengadakan kegiatan Sukabumi Youth Planner Conference 2022. Kegiatan tersebut menjadi wadah bagi anak muda Kota Sukabumi untuk berkumpul, berdiskusi, dan mensimulasikan isu-isu permasalahan di Kota Sukabumi.

Kepala Bappeda Kota Suakbumi, Reni Rosyida Mutmaiah mengungkapkan Sukabumi Youth Planner Conference 2022 diikuti oleh 40 anak muda yang merupakan perwakilan dari 7 Kecamatan dan 33 Kelurahan. Namun, sebelumnya para peserta terpilih setelah melewati serangkaian proses seleksi.

Bacaan Lainnya

” Jadi kita lakukan seleksi, yang terpilih di setiap kecamatan yang mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Dimomen ini lanjut Reni, mereka diberikan isu-isu sentral sebagai fokus utama dalam merumuskan solusi. Yakni, mulai dari ekonomi kreatif (Creativepreneur), lingkungan hidup (sanitasi dan lingkungan kumuh), pendidikan (Pemerataan Pendidikan), sumber daya manusia (lapangan pekerjaan, kualitas SDM), serta Pemilu dan Pilkada Serentak.

“Sukabumi Youth Planner Conference, diselenggarakan selama dua hari.Sabtu dan Minggu bertempat di Gedung Bappeda dan Gedung DPRD Kota Sukabumi,”ujar Reninya.

Reni menambahkan, pada penyelenggaraan yang keempat di tahun 2022 ini, Sukabumi Youth Planner Conference mengangkat tema, “Know Your Roots” yang dapat dimaknai sebagai ajakan bagi para anak muda di Kota Sukabumi agar bisa lebih mengenal lagi wilayahnya, dan lebih mengenal lagi kotanya dengan lebih komprehensif,”katanya.

Ajang ini juga, lanjut Reni, mereka juga mendapatkan beberapa tahapan pembekalan. Seperti, lecturer, talkshow, workshop hingga puncaknya melaksanakan conference. Sukabumi Youth Planner Conference 2022 menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang untuk memperkaya bekal bagi para peserta. Diantaranya, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Kepala Bapapeda Kota Sukabumi, Reni Rosyida M, Ketua TAP Kota Sukabumi, Isra Yanuar Giu dan TAP Kota Sukabumi, Hamdan Sanjaya, Nasrullah Abdul Malik (Rumah Mesra), Bubuh Bukhori (Content Creator), dan Wulandari (Influencer Sukabumi).

Dikatakannya dalam kegiatan ini menghasilkan 7 usulan solusi dari setiap isu-isu sentral yang terpilih pada masing-masing kecamatan. Usulan solusi dari para peserta SYPC telah dipresentasikan di depan dewan juri yakni Wali Kota Sukabumi, Kepala Bappeda Kota Sukabumi, dan Ketua TAP Kota Sukabumi.

” Usulan solusi atas isu-isu sentral yang telah disusun oleh para peserta bisa disempurnakan, dan masuk menjadi pertimbangan bagi pemangku kebijakan di Kota Sukabumi. Sehingga dapat mewujudkan visi Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman, dan Sejahtera,” pungkasnya. (bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *