KPU Kota Sukabumi Genjot Rekrutmen Calon Panitia Pemungutan Suara

Seni Soniansih
Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Kota Sukabumi, Seni Soniansih saat diwawancara di halaman Hotel Taman Sari, Senin (13/05).

SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi, saat ini tengah melakukan rekruitmen calon Panitia Pemungutan Suara (PPS). Pendaftaran rekrutmen calon PPS ini dibuka mulai tanggal 2 hingga 8 Mei 2024.

“Alhamdulillah, rekrutmen calon anggota PPS sedang berlangsung saat ini tahap penelitian administrasi, karena kemarin kita sudah buka pengumuman dan juga pendaftaran di tanggal 2 Mei sampai tanggal 8 Mei 2024,” ujar Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Kota Sukabumi, Seni Soniansih kepada radar sukabumi, Senin (13/05).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, sebelumnya ada perpanjang pendaftaran calon anggota PPS sampai 11 Mei, karena dinilai tidak mencukupi dua kali kebutuhan.

“Nah, setelah melakukan perpanjangan ataupun pendaftaran kita lakukan penelitian administrasi dan kita juga sudah lakukan penelitian administrasi itu. Hari ini akan diumumkan untuk yang lolos administrasi dan itu berhak masuk ke tes tulis ataupun tes CAT atau Computer Assisted Test,” bebernya.

Adalun jadwal tes CAY, sambung Seni dalam agenda akan dilaksanakan pada 16 sampai 18 Mei, tetapi berhubung karena akan ada pelantikan PPK pada 16 Mei mendang maka dilaksanakan tes tulis untuk PPS itu di tanggal 17-18 Mei.

“Kalau kebutuhannya anggota PPS itu 99 yang akan ditempatkan di 33 Kelurahan. Jadi setiap kekurangan itu ada 3 orang PPS yang akan kita tempatkan di sana,” imbuhnya.

Lanjut Seni dalam proses rekrutmen calon anggota PPS ini kebanyakan didominasi oleh orang-orang lama, tetapi dari orang orang baru juga banyak. Di sisi lain, memang ada kriteria kriteria untuk menjadi anggota PPS itu dan sesuai dengan aturan.

“Yang pertama dia sehat secara fisik jasmani dan rohani dibuktikan dengan tes kolesterol dan gula, terus untuk ijazah dilihat dari ijazah aslinya atau tidak terus terkonfirmasi apakah calon ini merupakan lulusan di sana,” imbuhnya.

Masih kata Se j terus untuk tes CAT memang itu jadi ujung tombak juga untuk di TPS ini bisa masuk di tahap selanjutnya. “Kalau di tahap selanjutnya masih sama sih ya antara PPK dan juga PPS itu ada tes yang namanya wawasan kepemiluan, rekam jejak dan juga kewilayahan dan tentu di PPS ini kita memperhatikan orang yang berdomisili di lokasi atau di Kelurahan tersebut,” pungkasnya. (ris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *