KOTA SUKABUMI

DED Pusat Pemerintahan Baru Segera Disusun

CIBEUREUM – Detail Engineering Design (DED) masterplan pusat pemerintahan baru Kota Sukabumi yang berlokasi di Kecamatan Cibeureum segera disusun. Pada 2020 nanti, DED dibuat secara bertahap untuk menentukan besaran kebutuhan anggaran.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Sukabumi, Rudi Djuansyah menjelaskan, masterplan hasil sayembara sebelumnya belum memuat secara detail kebutuhan biaya pembangunan secara merinci. Sehingga, pada 2020 DED masterplan hasik sayembara bakal disusun.

“Masterplan hasik dari sayembara yang diselenggarakan DPUPRPKPP hanya sebagai gambar tanpa dilengkapi detail rincian kebutuhan biaya pembangunan. Maka, perlu segera dibuat DEDnya untuk menentukan besaran biaya,” ungkap Rudi saat dihubungi Radar Sukabumi, belum lama ini.

Pembuatan DED disertai rincian biaya pembangunan, ujar Rudi, akan dilaksanakan melalui prosedur pelelangan. Nantinya, pada DED tersebut akan tercantum biaya pembangunan infrastruktur dan fasilitas penunjang seperti jaringan jalan, drainase, gedung-gedung, jaringan listrik, dan jaringan telepon.

“Semua unsur biaya untuk membangun ibu kota di Cibeureum itu harus tergambarkan dengan jelas dan detail pada masterplan yang dirinci,” ujarnya.

Pusat pemerintahan di Kecamatan Cibeureum diproyeksikan membutuhkan lahan sekitar 11 hektare. Gedung-gedung yang dibangun di kompleks pemerintahan yang baru itu merupakan satu kesatuan yang terintegrasi.

Setelah pembuatan masterplan secara detail, pada tahun 2021, Pemkot Sukabumi dapat menentukan bangunan yang akan ditenderkan lebih dahulu.

“Dana yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan gedung pemerintahan itu berasal dari APBD dan sumber dana lainnya,” pungkasnya. (upi/d)

Tags

Tinggalkan Balasan