Pentingnya Olahraga saat Puasa Ramadhan

  • Whatsapp
Olahraga

RAMADHAN merupakan bulan suci bagi umat Islam. Pada bulan tersebut umat islam diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa satu bulan penuh.

Puasa berarti menahan diri untuk tidak makan dan minum serta hal lain yang dapat membatalkannya dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari (Najib Sudarmawan, 2006:4).

Pada saat melakukan puasa dapat memberi kesempatan kepada sistem pencernaan untuk beristirahat setelah bekerja keras sepanjang tahun.

Selain itu berpuasa dapat memberi kesempatan untuk menyembuhkan infeksi dan luka pada lambung dan usus sehingga dapat menutup rapat.

Selain dari segi makanan yang dikonsumsi dari segi gerak atau olahraga juga mempunyai manfaat jika dilakukan saat bulan Ramadhan tapi harus memiliki strategi yang baik dalam melakukannya.

Selama berpuasa bukan berarti aktivitas hanya diisi dengan tidur dan bermalas-malasan tetapi harus diimbangi dengan berolahraga agar badan tetap bugar.

Olahraga merupakan kebutuhan pokok manusia. Oleh sebab itu olahraga yang dilakuan dengan baik dapat meningkatkan kesehatan, baik kesehatan fisik maupun psikis (Mastorakos dkk., 2005).

Penentuan intensitas olahraga saat puasa sangat penting karena intensitas merupakan kualitas yang menunjukan berat – ringannya latihan (Djoko P.I, 2000:14).

Sehingga olahraga saat puasa harus dilakukan dengan 40 % hingga 50% dari latihan yang biasa dilakukan.

Olahraga yang dilakukan saat puasa tidak dianjurkan jika terlalu berat, karena dapat mengalami kekurangan

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *