KABUPATEN SUKABUMI

HG Sebarkan Ikan di 136 Situ

WALURAN — Guna meningkatkan daya tarik dan potensi situ di Sukabumi, Anggota DPR RI, Heri Gunawan menabur 13 juta ikan dengan berbagai jenis di 136 situ di Sukabumi. Penabuaran ikan ini diawali di Kampung Waluran, Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi,   (22/12).

Dari informasi yang diperoleh radarsukabumi, penaburan ikan di Kampung Waluran ini sebanyak 100.000 ekor ikan jenis nilem sekaligus penenaman pohon konsumtif.

“Ya, selain menabur ikan kami juga menanam pohon konsumtif seperti pohon durian, rambutan, sukun, sawo dan yang lainnya. Sehingga area situ semakin menarik dan digemari warga,” kata Heri kepada koran ini,  (22/12).

Menurut pria yang akrab disapa HG ini menuturkan, jika melihat kondisi masyarakat antara pemancing ikan atau yang menangkap ikan sangat tinggi, dibanding yang menebar benih ikan. Sehingga hal ini menjadi motivasi kepada warga dalam rangka merwat dan mengelola situ itu sendiri.

“Jika situ ini diisi dengan ikan dan dipenuhi pohon, tentunya warga akan terbangun rasa memiliki dan merwatanya. Bahkan jika dikembangkan bisa menjadi objek wisata bagi tingkat desa atau kecamatan,” tuturnya.

Lebih Lanjut HG mengatakan, Tim Manuk Dadali nantinya bakal menbar benih di 136 situ yang ada di Kabupaten Sukabumi. Dibarengi dengan penanaman pohon yang produktif bagi warga. Hal ini atas dasar inisiatif dirinya setelah sebelumnya fokus pada bidang pendidikan, UMKM, dan Infrastruktur di Sukabumi.

Loading...

“Sebelumnya kami sukses pada bidang pendidikan, yakni memberikan beasiswa dan yang lainnya. Saat ini kami merambah ke bidang perikanan dan pertanian,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran Heli Sugiwa mengatakan, program penaburan ikan yang dilakukan Heri Gunawan sendiri, sangat memberikan manfaat bagi warga yang nantinya akan mendorong motivasi warga dalam menjaga situ ini.

“Kami sangat berterimakasih atas penaburan ikan ini. Sehingga kedepannya akan menjadi saya tarik wisata situ ini. Selain ikannya banyak ditambah areanya rindang dengan pohon buah-buahan warga akan menjadi tertarik,” pungkasnya. (bam/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button