Dua Rumah di Desa Warnasari Terancam Roboh

SUKABUMI— Dua rumah di Kampung Selawi III Rt (19/5) Desa Warnasari, Kecamatan Sukabumi terancam roboh akibat Tembok Penahan Tanah (TPT) longsor akibat hujan deras yang melanda beberapa waktu lalu. Kepala Desa Warnasari, Muchtar mengatakan, peristiwa bencana longsor ini terjadi setelah wilayah tersebut dilanda hujan deras. Terlebih lagi, kontruksi tanah yang berada di tebing tersebut sangat labil.

“Akibatnya, TPT setinggi 3 meter dengan lebar 5 meter, ambruk pada pukul 16.20 WIB. Hingga nyaris menggerus dua rumah warga,” jelas Muchtar kepada koran ini, saat didalangi Radar Sukabumi di Kantor Desa Warnasari, kemarin (29).

Bacaan Lainnya

Setelah mengetahui peristiwa tersebut, sambung Muchtar, sejumlah petugas desa langsung melakukan peninjauan ke lokasi kejadian dan melaporkan perihal kondisi tersebut, kepada pemerintah terkait.

“Kita sudah laporkan mengenai kejadian ini kepada pemerintah kecamatan dan BPBD Kabupaten Sukabumi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, bantuan dapat segera datang untuk memperbaiki pembangunan TPT yang ambruk itu,” bebernya.

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada warga yang rumahnya nyaris tergerus longsor, agar meningkatkan kewaspadaan jika di wilayahnya terjadi hujan deras. “Mereka belum kami evakuasi. Karena, bangunan rumahnya belum ambruk. Terlebih lagi, mereka tidak mau dievakuasi ke tempat lebih aman,” paparnya.

Sementara itu, seorang relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Taufik mengatakan, akibat peristiwa tersebut, korban mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp15 Juta. Lantaran, TPT bangunan rumah dibagian dapurnya ambruk. “Mereka meminta bantuan berupa material pasir, batu dan semen untuk membangun kembali TPT ini,” pungkasnya.

 

(den/)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.