Minum Kopi Dapat Menyebabkan Rasa Ngilu, Ini Penyebabnya

  • Whatsapp

RADARSUKABUMI.com – Untuk mengatasi gigi ngilu karena sensitif diperlukan beberapa upaya perawatan dan lebih memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Seringkali orang yang memiliki gigi sensitif tidak bisa sepenuhnya menikmati momen tertentu. Salah satunya seperti saat akan minum kopi. Apakah pengidap gigi sensitif benar-benar harus berhenti minum kopi?

Bacaan Lainnya

Mengapa minum kopi bisa menyebabkan rasa ngilu?

Perlu Anda tahu, kopi bukanlah faktor yang menyebabkan rasa ngilu pada gigi sensitif. Namun, cara penyajiannya yang menjadi masalah.

Bahkan, menurut sebuah penelitian pada 2009, kopi malah dapat membantu mencegah karies pada gigi asalkan diminum tanpa zat aditif.

Seperti yang sudah diketahui, rasa ngilu dapat dipicu oleh makanan atau minuman yang disajikan terlalu panas dan dingin. Oleh karena itu, mengingat kopi pada umumnya disajikan dengan cara tersebut, tidak heran rasa ngilu dapat mudah datang.

Alasan di balik makanan dan minuman dingin dan panas bisa memicu rasa ngilu kemungkinan besar antara lain:

  • Gigi berlubang
  • Terdapat retakan atau patahan pada gigi
  • Enamel gigi yang terkikis
  • Terpaparnya akar gigi

Rasa ngilu muncul karena dentin (tulang gigi) kehilangan lapisan pelindung yang diakibatkan faktor-faktor yang telah disebutkan di atas.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir jika ingin menikmati kopi meski memiliki gigi sensitif. Penyebab rasa ngilu bukanlah kopi melainkan cara penyajian kopi yang biasa diminum terlalu panas atau dingin.(HelloSehat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *