Ini Kata Peneliti Hubungan Antara Ponsel dan Kanker Otak

Siswa memilih buku elektronik yang dipinjam melalui telepon pintar. (Aloysius Jarot Nugroho).
Siswa memilih buku elektronik yang dipinjam melalui telepon pintar. (Aloysius Jarot Nugroho).

Kajian itu mengamati kanker otak pada orang dewasa dan anak-anak, serta kanker kelenjar hipofisis, kelenjar ludah dan leukemia, dan risiko yang terkait dengan penggunaan ponsel, stasiun pemancar, atau pemancar, serta paparan pekerjaan. Jenis kanker lainnya akan dilaporkan secara terpisah.

Bacaan Lainnya

Kajian itu mengikuti kajian serupa lainnya. WHO dan badan kesehatan internasional lainnya telah mengatakan bahwa tidak ada bukti pasti tentang efek kesehatan yang merugikan dari radiasi yang digunakan oleh ponsel, tapi, menyerukan penelitian lebih lanjut.

Saat ini hubungan ponsel dengan kanker otak diklasifikasikan sebagai “mungkin karsinogenik”, atau kelas 2B, oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC), kategori yang digunakan ketika badan tersebut tidak dapat mengesampingkan hubungan potensial.

Kelompok penasihat badan tersebut telah menyerukan agar klasifikasi tersebut dievaluasi kembali sesegera mungkin, mengingat adanya data baru sejak penilaian terakhir pada 2011. Evaluasi WHO akan dirilis pada kuartal pertama tahun depan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *