Jarang Pake Sampo Ternyata Bikin Rambut Lebih Sehat, Simak Penjelasannya

Mencuci rambut dengan air
Ilustrasi: Mencuci rambut dengan air tanpa sampo-Pixabay/@Pexels-

JAKARTA — Akhir-akhir ini, semakin banyak orang yang meninggalkan sampo dan memilih cara yang lebih alami untuk membersihkan rambut mereka. Salah satu pendekatan kecantikan ini disebut no-poo. Mereka yang menggunakan metode ini percaya bahwa cara ini membantu mereka menjaga rambut mereka lebih bersinar dan lebih sehat.

Ternyata mencuci rambut tanpa sampo memiliki beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan yang mengesankan. Berikut ini beberapa hal yang dirangkum dari Brightside.

1. Kulit kepala lebih sehat.

Kulit kepala Anda menghasilkan jumlah minyak yang seimbang dan membuat rambut Anda sehat dan terhidrasi secara alami.

Sementara sampo bertujuan untuk menghilangkan minyak berlebih, penggunaan yang berlebihan dapat merusak rambut, membuat kulit kepala menjadi terlalu kering.

2. Rambut lebih penuh/tebal.

Ada banyak produk di pasaran yang menjanjikan untuk membuat rambut Anda terlihat lebih bervolume atau tebal.

Menggunakan terlalu banyak produk justru dapat merusak rambut dan kulit Anda, dan akan membutuhkan waktu lama untuk memperbaikinya. Sebab banyak produk sampo dibuat dari bahan kimia keras.

3. Rambut terlihat kurang berminyak.

Saat Anda memilih sampo, Anda mungkin ingin sampo berhasil menghilangkan minyak dari rambut Anda. Tetapi keramas terlalu sering justru dapat menyebabkan rambut Anda terlihat lebih berminyak.

Setiap kali Anda mencuci rambut dengan sampo, itu membuat kulit kepala Anda stres, menyebabkannya mengirim sinyal untuk menghasilkan lebih banyak sebum untuk menenangkan dirinya sendiri.

4. Hemat air tidak termakan iklan.

Terlepas dari apa yang coba diyakinkan oleh iklan sampo, tidak buang air sebenarnya dapat menghasilkan rambut bertekstur lebih baik.

Rambut tidak membutuhkan semprotan dan gel untuk terlihat lebih tebal dan cantik. Minyak yang dihasilkan kulit kepala sangat penting untuk rambut Anda, dan mencucinya dengan sampo sebenarnya menyebabkan rambut yang buruk.

Jika untaian rambut Anda benar-benar terlepas dari minyak alami, dampaknya terlihat kusam dan lebih sulit untuk ditata.

5. Terhindar dari bahan kimia yang tidak sehat.

Sampo favorit Anda pasti memiliki bau yang luar biasa. Tetapi bahan-bahan buatan yang memberikan bau yang menyenangkan dapat berpotensi berbahaya dalam kulit. Bahan kimia ini memag membantu Anda mendapatkan hasil instan, tapi dapat merusak rambut dan kulit Anda dalam jangka panjang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan