5 Tips Sehat Selama Ramadhan, Puasa Jangan Sampai Batal!

Tips Puasa Sehat-ini saran ahli gizi agar Ramadhan tetap bugar-Freepik
Tips Puasa Sehat-ini saran ahli gizi agar Ramadhan tetap bugar-Freepik

JAKARTA — Tips Sehat Selama Ramadhan pada saat lemas letih lesu secara umum dikeluhkan saat berpuasa. Hal itu tidak akan terjadi jika asupan makanan yang dikonsumsi memenuhi asupan nutrisi seimbang.

Menurut pakar kesehatan masyarakat sekaligus dosen Fakultas Kedokteran IPB University, dr. Yusuf Ryadi, asupan pola makan harus dijaga agar kondisi tubuh tetap bugar meski dalam kondisi berpuasa.

Bacaan Lainnya

“Sejatinya, puasa tidak dilakukan untuk menghilangkan kewajiban lainnya. Jadi, jangan sampai dengan menjalankan puasa malah menjadi hambatan untuk melakukan kegiatan produktif sehari-hari hanya karena lemas saat berpuasa,” ungkapnya.

Biar tidak lemas saat puasa, ia menyebutkan ada beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama bulan Ramadhan.

Apa saja, yuk simak 5 rekomendasi makanan berikut ini:

Menu Sehat Puasa

1. Nasi merah, roti gandum, oatmeal, kentang, ubi jalar

Makanan-makanan di atas merupakan sumber karbohidrat kompleks yang dapat membuat tubuh mendapatkan energi dan rasa kenyang lebih lama.

Konsumsi karbohidrat kompleks harus disesuaikan dengan kebutuhan harian.

Jika berkaca pada teori “Isi Piringku”, kebutuhan karbohidrat umumnya sekitar 2/3 dari 1/2 piring setiap satu kali makan.

2. Daging ayam, ikan, telur, tempe, tahu

Sumber protein hewani dan nabati ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama puasa. Namun, jumlah protein yang dibutuhkan tentunya bervariasi bagi setiap individu sesuai dengan berbagai faktor, seperti berat badan, tingkat aktivitas, usia, dan lain-lain.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *