5 Tips Sehat Selama Ramadhan, Puasa Jangan Sampai Batal!

Tips Puasa Sehat-ini saran ahli gizi agar Ramadhan tetap bugar-Freepik
Tips Puasa Sehat-ini saran ahli gizi agar Ramadhan tetap bugar-Freepik

Dengan mengonsumsi makanan tinggi protein minimal 1/3 dari isi piring saat sahur, kamu akan memiliki energi yang cukup untuk menjalani hari selama berpuasa.

Bacaan Lainnya

3. Alpukat dan minyak zaitun

Sebagai sumber bahan makanan tinggi lemak baik, alpukat dan minyak zaitun cocok untuk dijadikan menu rutin saat berpuasa. Dengan porsi yang sesuai, lemak baik akan bisa membantu tubuh tetap berenergi seharian.

Contoh kecil bisa diterapkan pada buah alpukat. Buah alpukat dengan ukuran normal, bisa dibagi menjadi tiga kali sajian (saat sahur, berbuka dan malam hari) sebagai asupan pendukung saat berpuasa.

Meski begitu, konsumsinya juga harus dibarengi dengan asupan gizi seimbang lainnya, ya.

4. Sayuran dan buah-buahan

Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dengan kadar air tinggi seperti timun, lobak, semangka, dapat menjadi pilihan. Hal tersebut dikarenakan saat berpuasa, manusia membutuhkan asupan air yang cukup agar dapat kuat dalam menjalani ibadah puasa seharian.

5. Daging merah, hati ayam, bayam, kacang-kacangan

Makanan ini dapat dijadikan sebagai sumber zat besi yang baik untuk tubuh.Dengan mencukupi kebutuhan zat besi, tubuh akan terhindar dari anemia, kelelahan dan pusing. Apalagi, saat harus menjalankan ibadah puasa seharian penuh.

Selain 5 rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi, dr Yusuf juga memberikan beberapa makanan yang mesti kamu hindari saat bulan Ramadhan.

Mulai dari makanan yang tinggi lemak, gula, garam dan kafein. “Makanan-makanan tersebut sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan risiko lemas dan berbagai masalah lainnya di tengah ibadah puasa,” jelas dr Yusuf.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *