4 Makanan yang Membuat Otak Lemot, Begini Cara Mencegahnya

Awas 5 Makanan Ini Diklaim Bisa Turunkan
Awas 5 Makanan Ini Diklaim Bisa Turunkan Fungsi Otak, Salah Satunya Daging Olahan (Foto : Freepik/kjpargeter)

JAKARTA — Kesehatan otak biasanya berkaitan dengan efek jangka panjang. Gaya hidup yang sehat berkelanjutan dapat bermanfaat bagi kesehatan otak secara keseluruhan.

Ada juga sejumlah cara untuk memerangi penurunan fungsi otak. Beberapa cara tersebut diklaim bisa meminimalisir penuaan ataupun gangguan otak.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari PMJ News, Berikut Sejumlah makanan yang bisa turunkan fungsi otak, segara waspada dan hindari mulai sekarang.

1. Biji-Bijian Halus

Meskipun biji-bijian menyediakan bahan bakar (yaitu glukosa) untuk otak kita, tidak semua biji-bijian sama. Biji-bijian olahan seperti yang ada dalam roti putih, tepung, dan pasta berkontribusi terhadap penurunan kognitif melalui peningkatan peradangan

Menurut penelitian, mereka mengurangi faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, molekul penting yang terlibat dalam memori. Sebagai gantinya, berikan otak kita energi berkualitas tinggi dan padat nutrisi dengan makan biji-bijian seperti quinoa atau barley.

2. Daging Olahan

Sebuah studi tahun 2017 menemukan diet tinggi daging olahan dan daging merah, akan meningkatkan peradangan, menciptakan pengaturan yang sempurna untuk gangguan kognitif dan penyakit neurodegeneratif.

Pikirkan hot dog, bacon, dan potongan daging dingin. Meskipun memakan daging olahan sesekali tidak akan menyebabkan penyakit, cobalah memilih lebih banyak daging tanpa lemak seperti dada ayam tanpa kulit atau ikan panggang.

3. Kue Kering Kemasan

Makanan panggang kemasan seperti yang ditunjukkan dalam studi 2018, dikemas dengan tepung putih halus dan gula tambahan, yang berkontribusi pada disfungsi kognitif karena menyebabkan peradangan.

Jenis makanan itu juga mengandung senyawa yang disebut advanced glycation end-productsatau AGEs, yang mempercepat penuaan dan penurunan kognitif. Sebagai gantinya, bisa membuat setumpuk batang almond ceri untuk camilan cepat dan ramah perjalanan.

4. Soda Manis

Sudah barang pasti bahwa soda manis tidak sehat. Tetapi di luar sebagai penyebab gigi berlubang dan penambahan berat badan, itu juga dapat berkontribusi pada penurunan kognitif.

Berikut 6 cara bisa mencegah penurunan fungsi otak.

1. Bermain Secara Teratur

Kebiasaan menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga tidak hanya baik untuk kesehatan emosional, tetapi juga untuk fungsi kognitif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan