Simak 7 Makanan dan Minuman Ringan Bikin Perut Buncit

Ternyata makanan dan minuman ringan tertentu dapat menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi berlebihan. Banyak faktor yang berperan dalam penambahan berat badan
Ternyata makanan dan minuman ringan tertentu dapat menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi berlebihan. Banyak faktor yang berperan dalam penambahan berat badan

JAKARTA — Ternyata makanan dan minuman ringan tertentu dapat menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi berlebihan. Banyak faktor yang berperan dalam penambahan berat badan, salah satunya yakni termasuk pola makan Anda.

Makanan tertentu lebih mungkin berkontribusi terhadap penambahan berat badan dibandingkan makanan lain. Contohnya yaitu termasuk makanan olahan yang tinggi kalori, lemak, tambahan gula, dan garam.

Bacaan Lainnya

Meski demikian, makanan ini tetap bisa dimasukkan ke dalam pola makan yang sehat. Namun, coba pastikan untuk memantau ukuran porsi Anda dan menikmatinya secukupnya, terutama jika Anda mencoba menurunkan berat badan.

Dilansir dari laman Sportskeeda, berikut daftar 7 makanan dan minuman yang dapat menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

1. Soda

Soda tinggi kalori dan tambahan gula, namun kekurangan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Terlebih lagi, minum soda terlalu sering dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin minum soda manis lebih mungkin mengalami kenaikan berat badan dibandingkan mereka yang tidak.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang minum soda bersamaan dengan pola makan normalnya mengonsumsi 572 kalori lebih banyak per hari.

Seiring waktu, hal ini dapat dengan mudah menyebabkan penambahan berat badan yang signifikan.

2. Kopi yang dimaniskan dengan gula buatan

Kaya akan kafein dan berbagai antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan, kopi bisa menjadi minuman bergizi. Namun, jika dimaniskan dengan tambahan sirup atau gula, kopi dan minuman berbahan dasar kopi seperti frappés, caffe latte, atau mocha beku bisa mengandung gula yang sama banyaknya dengan soda.

Seperti soda dan minuman manis lainnya, minuman kopi dengan kandungan gula tinggi dapat menyebabkan penambahan berat badan dan membahayakan kesehatan Anda, misalnya dengan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

3. Es krim

Kebanyakan es krim yang dibuat secara komersial mengandung banyak gula dan lemak. Selain itu, karena es krim sering disantap sebagai hidangan penutup, es krim dapat menambah banyak kalori ekstra pada makanan meskipun Anda sudah merasa kenyang setelah hidangan utama.

Oleh karena itu, yang terbaik adalah menikmati es krim sebagai camilan sesekali daripada sebagai makanan pokok Anda. Untuk memilih jenis es krim yang lebih sehat, carilah es krim yang kandungan gulanya kurang dari 15 gram per porsi, dan pastikan untuk memperhatikan ukuran porsi Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *