Puluhan Warga Ciheulang Tonggoh Cibadak Keracunan Masal, Ini Penyebabnya

  • Whatsapp
MEMERIKSA : Petugas kesehatan saat memeriksa warga Kampung Ciheulang Tonggoh RT 01/03 Cibadak, Kabupaten Sukabumi mengalami keracunan massal dari makanan nasi boks.

CIBADAK — Puluhan warga di Kampung Ciheulang Tonggoh RT (01/03) Cibadak, Kabupaten Sukabumi mengalami keracunan massal akibat memakan makanan nasi boks dari kegiatan pengajian. Dari 51 orang yang terdampak keracunan massal dari olahan makanan, Sembilan diantaranya dirujuk ke RSUD Sekarwangi. Tiga ke RSUD Syamsudin SH dan Tujuh orang dirawat di Posko kesehatan sementara sebagian lagi sudah diperbolehkan pulan.

Kepala Seksi Surveilans Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi, Yayat mengungkapkan, saat warga menyantap nasi boks di acara 40 hari meninggalnya salah satu tokoh di kampung tersebut pada Sabtu 27 Februari 2021 lalu.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan pengajian di salah satu tokoh masyarakat disana itu dilaksanakan sekitar pukul 19:30 WIB, atau selepas isya. Kurang lebih ada 100 boks nasi yang dibagikan,” jelasnya, (Senin/1/2021).

Nasi boks yang dibagikan, berisikan daging ayam rendang, bihun dan acar. Kemudian, dari 100 nasi boks tersebut, 80 dibagikan ke warga dan 20 ke anggota keluarga penyelanggara kegiatan. “Puskesmas setempat telah membuka posko darurat di Desa Ciheulang Tinggoh ” ujarnya.

Petugas kesehatan telah mengambil sampel berupa rendang dari olahan makanan itu untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan dari olahan makanan yang dibagikan kepada warga tersebut. “Sampel sudah kami bawa berupa rendang, selanjutnya kami akan periksa,” ujarnya.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *