BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

Proyek Double Track Gusur Tujuh Sekolah

SUKABUMI – Proyek pembaungan double track Kereta Api (KA) Sukabumi-Bogor bakal memakan ‘korban’. Dari informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, ada tujuh sekolah di Kecamatan Cibadak dan Cantayan terkena dampak pembangunan proyek nasional tersebut.

“Meski saat ini pembangunan double track belum masuk ke wilayah Kecamatan Cibadak dan Cicantayan, namun kami khawatir bila tak segera dikomunikasikan dengan baik, nantinya akan menjadi persoalan. Sehingga, dapat memperhambat pembangunan double track KA,” jelas Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Sementara, Yudha Sukmagara saat melakukan monitoring ke beberapa titik terdampak proyek nasional double track Kereta Api (KA) Sukabumi-Bogor, kemarin (23/9).

Sebagai salah satu bentuk upaya preventif dan untuk menyerap aspirasi warga, pihaknya langusung turun kelapangan. Menurutnya, gedung sekolah yang terkena dampak tersebut, harus segera direlokasi ke tempat yang lebih baik dan tidak menunggu double track dibangun.

“Iya, relokasinya harus dipersiapkan dari sekarang. Jadi, jangan sampai siswa diliburkan gara-gara sekolahnya dirobohkan untuk pembangunan proyek double track,” bebernya.

Selain sarana pendidikan, sambung Yudha, di wilayah Kelurahan/Kecamatan Cibadak, juga terdapat lahan seluas 1200 meter persegi dan belasan rumah yang akan terdampak dari pembangunan double track tersebut.

“Rencananya, warga terdampak akan direlokasi melalui program sejuta rumah bersubsidi. Jadi nantinya, kita akan membangun kawasan perumahan yang bekerjasama dengan Kementrian PUPR,” imbuh Yudha.

Ia berharap, warga terdampak yang mendapatkan uang ganti rugi dari pembangunan double track itu, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Untuk itu, ia akan menjalin kerjasama dengan Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi untuk memberikan solusi kepada warga.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button