Pemkot  Sukabumi Berikan Draf Judicial Review, Mahasiswa Deadline DPRD untuk Tolak UU Ciptaker

Sejumlah elemen mahasiswa yang terdiri dari gabungan organisasi kemahasiswaan dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Sukabumi kembali melakukan aksi demontrasi ke Pemkot Sukabumi dan DPRD Kota Sukabumi

SUKABUMI – Gelombang aksi penolakan Undang Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) masih terjadi di Kota Sukabumi. Kali ini, mahasiswa yang tergabung dari berbagai organisasi kemahasiswaan dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Sukabumi mendatangi Pemkot dan DPRD Kota Sukabumi.

Dalam aksinya, ratusan mahasiswa tersebut menagih janji Pemkot Sukabumi soal Judicial Review (JU) dan menuntut DPRD Kota Sukabumi untuk menolak UU Cipta Kerja secara tertulis. Serta, menuntut pihak Kepolisian untuk bertanggung jawab terkait beberapa mahasiswa yang terluka setelah bentrok dengan aparat pada aksi sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Pantaun Radar Sukabumi, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi memberikan draf hasil kajian sementara terkait Judicial Riview yang dinginkan oleh mahasiswa. Sehingga aksi demontrasi ke Pemerintah Kota Sukabumi tidak begitu alot. Sedangkan saat massa beralih ke DPRD Kota Sukabumi, terjadi perdebatan yang alot.

Dimana, DPRD belum mengeluarkan pernyataan sikap secara kelembagaan untuk menolak dan mencabut UU Ciptaker. Sehingga, mahasiswa men-deadline janji Ketua DPRD Kota Sukabumi, Kamal Suherman agar melakukan rapat pimpinan fraksi untuk membahas dan mengeluarkan sikap secara kelembagaan.

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengatakan sesuai dengan hasil diskusi dan dialog yang dilakukan mahasiswa saat aksi demontrasi beberapa waktu lalu, maka pemerintah daerah menyerahkan hasil analisa sementara terkait Omnibus Law atau UU Cipta kerja.

“Hari ini (kemarin. red) kita berikan draf terkait JR UU Ciptaker sesuai apa yang disepakti dengan mahasiswa,” ujar Fahmi.

Nanti pihak mahasiswa yang akan mengkaji lagi. Tugas pemerintah sebagaiman disepakati bersama, diminta untuk melakukan kajian-kajian sementara yang diinginkan oleh mahasiswa. Fahmi mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang telah menyalurkan aspirasinya dengan suasana bahagia aman dan damai.

“Aspirasi yang dibawa mahasiswa dalam kedamaian dan kesenangan, kita jaga Kota Sukabumi kita,” pesannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.