Diaga Muda Sukabumi Geruduk Kantor DPTR

Diaga Muda Indonesia Kabupaten Sukabumi
Ratusan massa Diaga Muda Indonesia Kabupaten Sukabumi saat melakukan aksi demonstrasi di halaman kantor DPTR Kabupaten Sukabumi, Selasa (25/01).

SUKABUMI – Sebanyak 300 orang anggota Diaga Muda Indonesia Kabupaten Sukabumi melakukan unjuk rasa di kantor Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) Kabupaten Sukabumi, Selasa (25/01).

Ketua Harian DPC Diaga Muda Indonesia Kabupaten Sukabumi, Dace Arisandi mengatakan, aksi damai dilakukan untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah soal kebijakan terkait pertanahan dan tata ruang yang dianggap merugikan rakyat.

“Selama ini, kami menemukan kebijakan-kebijakan yang tidak pro terhadap rakyat, penyalahgunaan yang merugikan negara dan merugikan rakyat,maka Diaga Muda Indonesia akan selalu terdepan dan berdiri tegap dengan segala risiko untuk memperjuangkan hak-hak rakyat,” kata Dace kepada Radar Sukabumi usai aksi unjuk rasa, Selasa (25/01).

Menurut Dace, DPTR Kabupaten Sukabumi merupakan bagian dari pemutus ketika perusahaan melampirkan izin-izin. Untuk itu, jika dalam pemutusannya tidak sesuai dengan aturan dan peruntukan.

Seperti yang sudah di alih kepemilikan masih banyak ditemukan di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Ada 52 lahan hak guna usaha (HGU) di Kabupaten Sukabumi yang mana menurut pandangan Diaga Muda Indonesia, hanya 1 persen yang layak untuk diberikan kembali oleh pihak-pihak terkait untuk diberikan izinya.

Sementara yang lain, saya rasa itu tidak memenuhi syarat. Nah DPTR ini bagian penentu hasil penilian yang dilakukan oleh dinas pertanian,” paparnya.

Dia pun menilai aksi unjuk rasa kali ini memastikan beberapa perusahaan yang mencoba untuk memperpanjang izin-izin yang ada usaha HGU-nya di Kabupaten Sukabumi.

“Maka dari itu, saya secara tegas akan mengawal sebagaimana instruksi dari pada pidato Presiden RI pada 6 Januari 2022 di Istana Negara, bahwa Pak Jokowi sudah memberikan contoh dan sudah membuktikan, terdapat ribuan izin pertambangan, kehutanan dan HGU perkebunan yang sudah dicabut,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.