LIGA CHAMPIONSSUKABUMI

Liverpool Juara Liga Champions Tahun Ini

Usai Kalahkan Tottenham dengan Skor 2-0

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Liverpool resmi menjadi juara Liga Champions 2018 – 2019. Gelar kejuaraan liga bergengsi di Eropa ini dipastikan usai pasukan Jurgen Klopp mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0 dalam laga final di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, pada Minggu (2/6/2019) dini hari WIB.

Pada pertandingan dinal kali ini, Liverpool mampu unggul cepat saat laga baru berjalan dua menit. Berawal dari upaya crossing Sadio Mane, bola mengenai tangan Moussa Sissoko di kotak terlarang.

Wasit Damir Skomina asal Slovenia tanpa ragu menunjuk titik putih. Salah yang maju sebagai algojo sukses menaklukkan Hugo Lloris. Skor 1-0 untuk Liverpool.

Gol cepat Salah membuat para pemain Spurs tersentak. Tim besutan Mauricio Pochettino itu berusaha membalas. Tapi pertahanan The Reds yang digalang Virgil van Dijk masih cukup solid.

Upaya Sossoko menebus kesalahannya juga belum menuai hasil setelah sepakannya dari luar kotak penalti gagal menemui sasaran.

Pada menit ke-17, Alexander-Arnold mencoba peruntungan lewat sepakan dari luar kotak penalti. Tapi masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Lloris.

Son Heung-Min mendapat peluang cukup terbuka melalui serangan balik. Pemain asal Korea Selatan itu sisa berhadapan satu bek lawan, Alexander-Arnold. Upaya Son mengelabui bek Timnas Inggris itu gagal.

Hingga babak pertama berakhir skor 1-0 untuk Liverpool tidak berubah.

Di pertengahan paruh kedua, pelatih kedua tim melakukan perubahan. Klopp menarik Roberto Firmino dan Wijnaldum lalu memasukkan Divock Origi dan James Milner.

Sementara Pochettino memainkan pahlawan mereka di babak semifinal, Lucas Moura. Winger asal brasil itu menggantikan Harry Winks.

Pada menit ke-69, Milner nyaris menggandakan keunggulan Liverpool. Tapi upayanya masih melebar dari gawang Lloris.

Enam menit jelang waktu normal berakhir, Christian Eriksen hampir saja menyamakan skor andai tendangan bebasnya tidak ditepis Alisson.

Berbagai upaya Spurs untuk menyamakan skor gagal membuahkan hasil hingga pertandingan berakhir. Malah Liverpool yang mampu menggandakan keunggulan.

Tepatnya pada menit 87, pemain pengganti, Origi memanfaatkan kemelut di kotak penalti Spurs lewat sepakan mendatar nan keras. Skor 2-0 untuk Liverpool.

Di sisa waktu yang ada, Spurs tak mampu lagi mengejar ketinggalan.

Dengan demikian, Liverpool keluar sebagai juara Liga Champions musim 2018/19. Ini merupakan gelar keenam mereka di Liga Champions sepanjang sejarah klub.

Hasil ini seolah menjadi obat penawar. Pasalnya pada final Liga Champions musim sebelumnya, Liverpool dikalahkan oleh Real Madrid. Kini Mohammad Salah dkk bisa tidur pulas dengan memeluk trofi ‘Si Kuping Besar’.

Berikut susunan pemain Tottenham vs Liverpool:

Tottenham (4-2-3-1)

Lloris; Trippier, Alderweireld, Vertonghen, Rose; Sissoko, Winks; Eriksen, Alli, Son; Kane

Cadangan: Gazzaniga, Vorm, Sanchez, Foyth, Davies, Aurier, Dier, Walker-Peters, Wanyama, Lucas, Lamela, Llorente.

Pelatih: Mauricio Pochettino

Liverpool (4-3-3)

Alisson; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Wijnaldum, Henderson; Salah, Mane, Firmino​.

Cadangan: Mignolet, Kelleher, Lovren, Gomez, Moreno, Milner, Lallana, Oxlade-Chamberlain, Shaqiri, Origi, Brewster, Sturridge.

Pelatih: Jurgen Klopp

Cuplikan Gol Tottenham Hotspur vs Liverpool

(izo)

Tags

Tinggalkan Balasan