Dishub Siap Fasilitasi Pemindahan Stasiun Sukabumi

SUKABUMI— Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi siap menfasilitasi pemindahan Stasiun Kereta Api dari tengah Kota Sukabumi ke kawasan Selakaso, Kecamatan Lembur Situ yang berdekatan dengan Kabupaten Sukabumi.

Pasalnya, kehadiran stasiun di pinggir kota dapat menunjang sistem transportasi sesuai dengan perkembangan infrastruktur perhubungan beberapa tahun ke depan.

“Seiring dengan rencana pembangunan infrastruktur perhubungan secara besar-besaran yang terakses ke Kota Sukabumi, nanti aksesbilitas makin terbuka dari berbagai arah. Kondisi ini memerlukan penyesuaian, apabila rencana tersebut akan diwujudkan pemerintah pusat kami siap memfasilitasi. ” kata Kepala Dishub Kota Sukabumi, Abdul Rachman kepada koran ini, kemarin (14/12).

Lebih Lanjut Abdul mengatakan, rencana stasiun di selakaso tersebut akan diintegrasikan dengan terminal barang dan terminal penumpang.

Pertimbangan pemilihan Selakaso sebagai lokasi stasiun akan dapat meningkatkan aksesbilitas dan kendaraan yang masuk ke dalam kota. Dengan begitu, tidak mungkin lagi mempertahankan Stasiun Kereta Api di tengah kota sebagai pusat penampungan penumpang yang akan meninggalkan dan menuju Kota Sukabumi.

“Rencananya stasiun yang tengah dijadikan heritage ini dapat meningkatkan khazanah arsitektur masa lalu di Kota Sukabumi,” paparnya.

Menurutnya, pembahasan tentang rencana pemindahan stasiun muncul sekilas dalam pertemuan Dishub Kota Sukabumi dengan Menteri Perhubungan RI beberapa waktu yang lalu.

Acara pokok pertemuan tersebut membahas perkembangan kesiapan pemerintah pusat dan daerah pada rencana pembangunan bandara, jalan tol serta jalur ganda kereta api yang terakses ke Sukabumi.

Kesimpulan dari pembahasan itu, jalur jalan tol Bocimi mulai masuk ke wilayah Kota Sukabumi antara tahun 2019 dan 2020.

Untuk jalur ganda, jika tidak ada aral melintang akan dilakukan groundbreaking oleh Presiden RI pada tanggal 15 Desember di Stasiun Cicurug.

“Pembangunan jalur Ganda Kereta Api ditargetkan harus selesai pada 2019 mendatang karena masuk dalam Proyek Strategis Nasional. Sementara, kami siap memfasilitasi apa yang menjadi pembahasan sekilas Mentri Perhubungan RI ini,” tandasnya.

Ia menambahkan, saat ini Dishub Kota Sukabumi sudah melakukan usulan kepada pemerintah pusat terkait pemindahan stasion tersebut dan mendapatkan tanggapan positif.

“Usulan ini mendapatkan tanggapan positif dari Menhub dan akan secepatnya ditindaklanjuti,” pungkasnya. (cr16)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *