EKONOMI

DKPUKM Gaet Perbankan, Bantu Kembangkan UMKM

SUKABUMI — Dinas Koperasi Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (DKPUKM) Kabupaten Sukabumi terus melakukan pembinaan, terhadap para pelaku

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bahkan, perkembangannya pun dinilai cukup bagus.
Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan UMKM pada DKPUKM Kabupaten Sukabumi, Arsenal Trisnawisena mengatakan, kerjasama yang dijalin lembaganya itu merupakan salah satu upaya untuk membantu para pelaku UMKM agar bisa mendapatkan permodalan dari pihak perbankan.

“Sekitar 27 ribu UMKM di Kabupaten Sukabumi saat ini perkembangannya cukup baik,” kata Arsenal saat dijumpai Radar Sukabumi di ruang kerjannya, kemarin (10/10).

Pihaknya kerap mempertemukan para pelaku UMKM, dengan pihak perbankan. Hal itu bertujuan, untuk mempermudah UMKM dalam mendapatkan bantuan modal. “Kami sering pertemukan mereka dengan bank yang ada di Kabupaten Sukabumi seperti Bank Jabar Banten (BJB) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Alhamdulillah, mereka sangat antusias,” ujarnya.

Arsenal mengakui, jika tidak sedikit UMKM mendapatkan bantuan modal dari kedua perbankan tersebut. Sehingga mampu mendongkrak pengembangan usaha mereka.

“Seperti BJB dengan program Kredit Cinta Rakyat (KCR), serta BRI dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kita manfaatkan program tersebut untuk membantu para UMKM di Kabupaten Sukabumi, agar lebih berkembang lagi,” paparnya.

Ternyata tidak sebatas penguatan modal. Tapi, pihaknya membantu memperkuat manajemen UMKM diantaranya pembinaan dalam manajemen keuangan. Dengan adanya peningkatan usaha, maka diharapkan perputaran ekonomi masyarakat semakin dirasakan.

“Langkah ini pun dilakukan dalam pembinaan bagi para pelaku UMKM. Sehingga, bisa dirasakan sendiri masyarakat di Kabupaten Sukabumi masih bertahan dan semakin baik,” tuturnya.

Dijelaskan Arsenal, pada beberapa tahun terakhir ini Diskoperindag Kabupaten Sukabumi tidak memberikan bantuan berupa tunai maupun fisik. Menurutnya, saat ini dinas hanya bisa menjembatani kebutuhan para UMKM.

“Ya, saat ini sudah tidak bisa. Kami hanya bisa menjembatani dan melakukan pembinaan saja terhadap UMKM ini,” imbuhnya.

Pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan dan mengembangkan UMKM yang berada di Kabupaten Sukabumi, supaya dapat berkembang lebih baik lagi. “Kami ingin dengan adanya upaya ini, bisa mempertahankan serta meningkatkan UMKM di Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya. (cr16/t)

 

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close