PT Suryanusa Nadicipta Gandeng TNI Wujudkan Ketahanan Pangan

CARINGIN – Dalam mewujudkan swasembada pangan yang digagas pemerintah, PT Suryanusa Nadicipta bersama unsur TNI Angkatan Darat menggelar kegiatan menanam padi di lahan milik PT Suryanusa Nadicipta di Desa Sukamulya dan Desa Pasir Datar Indah, Kecamatan Caringin, belum lama ini.

Koordinator Lapangan PT Suryanusa Nadicipta, Saslihadi Harun mengungkapkan, sebagai negara agraris, program swasembada pangan ini merupakan salah satu upaya dalam menciptakan ketahanan nasional, sehingga PT Suryanusa Nadicipta menganggap perlu adanya program tersebut. “Ketahanan nasional tidak akan terwujud tanpa ada ketahanan pangan dan ketahanan pangan tidak akan tercapai tanpa ada swasembada pangan,” ujar Saslihadi dalam siaran persnya.

Bacaan Lainnya

Diterangkan dia, adapun cara mewujudkan ketahanan pangan ini dengan melibatkan semua elemen bangsa, mulai dari pemerintah, masyarakat dan unsur TNI dari Kodim 0607/ Kota Sukabumi. Untuk tahap awal, sambung dia, telah dilakukan penanaman padi perdana jenis hybrid pada akhir pekan lalu di area pesawahan seluas 5 hektare dari luas 25 hektare yang direncanakan. “Kami menggandeng TNI, khususnya Angkatan Darat, karena TNI memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkan ketahanan nasional. Selain itu, TNI juga memiliki pengalaman yang baik dalam bidang ketahanan pangan, khususnya padi,” tambahnya.

Diharapkan dengan adanya kerja sama ini, Indonesia bisa mencapai ketahanan pangan pada 2018 dan Indonesia memiliki ketahanan pangan yang kuat.

PT Suryanusa Nadicipta

Diketahui, PT Suryanusa Nadicipta sendiri, saat ini memiliki lahan seluas 320 hektare yang rencananya akan dikembangkan menjadi kawasan agrowisata. Khusus untuk areal pesawahan akan memanfaatkan areal seluas 50 hektare dan sisanya akan dilakukan pengembangan zonasi agrowisata seperti untuk outbound, camping ground, sarana permainan dan edukasi lainnya. Sedangkan untuk komoditas pertanian lainnya direncanakan berupa sereh wangi, nilam dan buah-buahan yang akan dilakukan secara bertahap. (why/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *