PDAM TBW Terapkan GCG

LAYANAN PRIMA:Direktur PDAM TBW Kota Sukabumi Helmi Sutikno (kiri) memberikan pemaparan tentang layanan PDAM TBW kepada masyarakat Kota Sukabumi pada saat temu pelanggan di Gedung Juang 45, belum lama ini. FOTO:IST

LAYANAN PRIMA:Direktur PDAM TBW Kota Sukabumi Helmi Sutikno (kiri) memberikan pemaparan tentang layanan PDAM TBW kepada masyarakat Kota Sukabumi pada saat temu pelanggan di Gedung Juang 45, belum lama ini. FOTO:IST

SUKABUMI- PDAM Tirta Bumi Wibawa (TBW) Kota Sukabumi sebagai perusahaan yang berbasis pada pelayanan di bidang pendistribusian air bersih kepada masyarakat, dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima. 

Terkait hal tersebut, Direktur PDAM TBW Kota Sukabumi Helmi Sutikno mengatakan, tuntutan tersebut sudah menjadi keharusan. “Karena PDAM mempunyai bidang usaha, yang langsung bersentuhan langsung dengan masyarakat,”ujar Direktur PDAM TBW Kota Sukabumi Helmi Sutikno kepada Radar Sukabumi, kemarin.

Menurutnya, pelayanan yang prima menuntut semua komponen yang ada didalamnya, untuk berpartisipasi secara langsung. Semua bagian saling keterkaitan dan bekerjasama secara harmonis. Selain itu, pria yang akrab disapa Apih ini menegaskan, untuk menciptakan pelayanan yang prima tersebut, diperlukan terobosan dan inovatif, tata kelola yang baik, citra yang baik dan dengan sendirinya citra diri yang prima, yang memiliki jiwa wirausaha, mempunyai kemampuan komunikasi yang baik serta yang tidak ketinggalan adalah mempunyai etos kerja yang baik. Demikian juga dengan keberadaan PDAM TBW Kota Sukabumi ini, hendaknya komponen yang ada didalamnya mampu memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggannya.

“Prasyarat tersebut mutlak terpenuhi demi kepuasan pelanggan dan sebagai barometer, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,”tuturnya.

Dijelaskan Helmi, PDAM TBW Kota Sukabumi dalam rangka memberikan pelayanan terbaik dan berorientasi ke pelanggan yang tentunya menerapkan good corporate governance (GCG) yang berprinsip pada partisipatif, transparansi, kesetaraan, responsibility, yang mempunyai wawasan kedepan, penegakan terhadap hukum, akuntabilitas, efektif serta bersikap secara professional.

“Untuk menuju pelayanan prima ini, PDAM TBW Kota Sukabumi terus berbenah dan melakukan beberapa terobosan yang memungkinkan untuk terciptanya kepuasan pelanggan,”terangnya.

Hal ini dibuktikan lewat berbagai terobosan yang sudah dilakukan oleh managemen PDAM TBW, untuk meningkatkan mutu pelayanan. Diantaranya, memberlakukan pembayaran rekening air secara online, menjalin kerjasama dengan Pengelola Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP) dalam pemanfaatan air, melaksanakan MOU dengan PT. Pos Indonesia untuk memudahkan pelanggan melakukan pembayaran rekening air, MOU dengan Pengelola Pulo air dalam pemanfaatan sumber air dengan kapasitas 16 l/d, serta pembukaan kantor-kantor cabang.

Kantor cabang yang pada awalnya hanya dua, yaitu Cabang Cisaat dan Sukaraja sekarang menjadi lima cabang, sedangkan cabang yang lainnya adalah cabang Gunung Puyuh, Cabang Warudoyong serta Cabang Baros.

“Kantor cabang ini dibentuk tidak lain untuk memudahkan dan mendekatkan PDAM kepada pelanggan,”terangnya.

Jadi, pelanggan tidak harus jauh-jauh datang kekantor pusat untuk mengadukan permasalahan yang ada. Melainkan pelanggan tinggal datang ke kantor cabang terdekat dan Karyawan PDAM siap untuk menindakalanjuti keluhan atau aduan yang masuk. Begitu juga apabila masyarakat ingin mengajukan diri menjadi pelanggan baru juga bisa diselesaikan dikantor cabang terdekat.

Untuk memudahkan pembayaran rekening air PDAM, pelanggan tidak harus melakukan transaksi ditempat yang telah ditentukan sebelumnya, tetapi pelanggan bisa melakukan pembayaran di loket-loket yang telah dibentuk oleh PDAM.

Sedangkan dalam hal pelayanan terhadap pendistribusian air, PDAM TBW Kota Sukabumi telah melaksanakan kerjasama dengan pengelola Pulo Air untuk memanfaatkan air dengan debit 16 l/d. Tambahan ini untuk menambah pendistribusian air kepelanggan yang berada di wilayah pelayanan Cabang Sukaraja dan Cabang Baros.

Sedangkan untuk saat ini yang baru dipersiapkan oleh PDAM TBW Kota Sukabumi adalah upaya menambah sumber air baru dengan kapasitas debit 100 l/d dengan memanfaatkan sumber air yang berada di wilayah TNGP.

“Insya Allah di tahun ini juga pengerjaan penambahan sumber air baru sudah dilaksanakan,”tegasnya lagi.

Sehingga, dengan kapasitas produksi yang mencapai 100 l/d ini mampu untuk mencukupi kebutuhan air sebanyak 10 ribu sambungan rumah (SR).

“Hal ini kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan pelayanan yang prima demi kepuasan pelanggan,”urainya.(sri)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=62065

Posted by on 20 Mar 2013. Filed under EKBIS SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.