Jaga Imunitas, DKP3 Kota Sukabumi Ajak Konsumsi Ikan

Sejumlah petugas DKP3 bidang perikanan saat melakukan pengolahan makanan berbahan dasar ikan.

RADAR SUKABUMI – Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi mengajak masyarakat untuk kembali menggelorakan Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan).

Apalagi mengonsumsi ikan dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas, sehingga dapat membantu mencegah penyebaran wabah virus Corona/Coronavirus Disease-19 (Covid-19).

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Perikanan pada DKP3 Kota Sukabumi, Cecep Rapih menjelaskan dengan rutin mengonsumsi ikan berarti membuat daya tahan tubuh meningkat, sehingga tubuh menjadi prima dan tidak mudah terserang penyakit termasuk virus Corona.

“Nutrisi pada ikan memang dibutuhkan oleh tubuh. Ikan mengandung protein tinggi, lemak omega 3, asam lemak tak jenuh, vitamin A, D, B6, dan B12, serta mineral yang semuanya baik untuk daya tahan tubuh,” ujar Cecep kepada Radar Sukabumi, Jumat (1/5).

Diterangkan dia, guna mendapatkan manfaat terbaik pada ikan, masyarakat diimbau untuk memasak ikan dengan cara yang baik dan bersih. Ia juga mengajak masyarakat melengkapi konsumsi ikan dengan sayur dan buah.

Menurutnya, meski sampai saat ini belum ditemukan vaksin Covid-19, ajakan makan ikan menjadi sebagai langkah antisipasi penularan.

“Tujuan lain yang tak kalah penting, Gemarikan ini untuk membantu tumbuh kembang anak menjadi cerdas dan sehat,” terangnya.

Cecep menambahkan, agar tidak bosan memakan ikan, dirinya menyarankan untuk melakukan banyak variasi dalam olahan makanan berbahan dasar ikan. Misalnya, bisa dengan membuar otak-otak ikan, pempek, baso dan jenis panganan lainnya.

“Kita pun saat itu sedanga melakukan berbagai olahan makanan dan Alhamdulillah rasanya sangat enak,” tambahnya.

Cecep berharap dengan kebiasaan gemar makan ikan, masyarakat khususnya anak usia dini/anak SD termasuk ibu-ibu rumah tangga dan masyarakat secara umum kondisi tubuhnya sehat dan kuat. “Kami berharap dengan kebiasaan dan sering makan ikan terhindari dari penyakit,” pungkasnya. (why)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *