Kapal Kemanusiaan Lombok Kirim Bantuan

JAKARTA – Duka yang dialami warga Lombok akibat beberapa kali digungang gempa besar membuat mereka sangat terpuruk. Bantuan terus berdatangan dari sejumlah lembaga pendonor. Terbaru kiriman bantuan logistik dari Jakarta yang diangkut dengan Kapal Kemanusiaan Lombok (KKL).

KKL yang menggunakan KRI Banjarmasin milik TNI AL itu, mulai berlayar dari Pelabuhan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok, kemarin (17/8) siang. Diperkirakan KKL yang membawa 850 ton bantuan logistik itu akan tiba di Pelabuhan Carik, Bayan, Lombok Utara pada Minggu (19/8) mendatang.

Pelayaran KKL ini merupakan kerja sama antara Aksi Cepat Tanggap (ACT) dengan TNI AL. KKL itu dilepas langsung oleh Aspotmar Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto dan President ACT Ahyudin bersama perwakilan pemberi bantuan lainnya.

Vice President ACT Insan Nurrochman mengatakan, bantuan melalui program KKL ini bertujuan meringankan penderitaan para korban dalam kondisi darurat. Dengan tagline Bersatu Bantu Lombok ini diharapkan dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat Indonesia semakin kuat. “Pelepasan kapal kemanusiaan ini sekaligus sebagai hadiah peringatan Hari Kemerdekaan ke-73 RI,” ungkap Insan Nurrochman.

Untuk diketahui, bantuan logistik di dalam KRI Banjarmasin itu dibawa dari gudang Indonesia Humanitarian Center (IHC) ACT di Gunung Sindur, Bogor. Di gudang itu semua bantuan dikemas. Setelah itu baru dikirim dengan truk ke Pelabuhan Kolinlamil sejak Rabu (15/8) malam.

Truk itu langsung masuk ke dalam kapal. Sehingga nanti tiba di Pelabuhan Carik, truk itu langsung bergerak ke Posko Kemanusiaan ACT di Lombok. “Bantuan logistik ini diharapkan menjadi salah satu ikhtiar ACT bersama Mabes TNI A L untuk membangun kembali kehidupan warga Lombok,” tutur Insan.

Bantuan logistik yang diangkut oleh Kapal Kemanusiaan Lombok itu merupakan dukungan dari sejumlah pihak pendonor. Seperti, PT Pos Indonesia, Peduli Kasih Indosiar, Pundi Amal SCTV, CT ARSA Foundation dan pihak lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *