Peran Guru Dalam Mendukung Indonesia Emas Tahun 2024

Astiandari, S.Pd

Oleh : Astiandari, S.Pd

Presiden Joko Widodo telah meluncurkan Indonesia Emas 2045 dan Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2025-2045, Kamis (16/6/2023) di Jakarta. Visi Indonesia Emas 2045 adalah Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan.

Bacaan Lainnya

Adapun Sasaran Utama Visi Indonesia Emas 2045 yaitu : Pendapatan per kapita setara negara maju, Kemiskinan menuju nol persen dan ketimpangan berkurang, Kepemimpinan dan pengaruh di dunia internasional meningkat, Daya saing sumber daya manusia meningkat, dan Intensitas Emisi Gas Rumah Kaca menurun menuju net zero emission.

Untuk mencapai Indonesia Emas 2045, Indonesia harus mengubah pendekatan Pembangunan yang digunakan di masa lalu. Langkah reformasi saja tidak cukup, melainkan harus diperkuat dengan transformasi menyeluruh di berbagai bidang pembangunan. Transformasi tersebut yaitu Transformasi Sosial, sebagai upaya menciptakan manusia Indonesia unggul; Transformasi Ekonomi, sebagai upaya membawa Indonesia keluar dari Middle Income Trap; dan Transformasi Tata Kelola, sebagai upaya menciptakan pelayanan publik berkualitas dan masyarakat sipil partisipatif.

Berbicara terkait capaian beberapa indikator Makro di Kabupaten Sukabumi,  Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sukabumi Tahun 2022 berada pada angka 66,88 poin, Rata-rata Lama Sekolah berada pada angka 7,11 tahun, Harapan Lama Sekolah berada pada angka 12,25 tahun, dan Pertumbuhan Ekonomi berada pada angka 5,25 Persen. Dengan demikian, untuk menggapai Indonesia Emas 2045, Kabupaten Sukabumi harus mengakselerasi Pembangunan daerah, khususnya sektor Pendidikan dan ekonomi.

Lantas, apa peran Guru yang dapat diperbuat untuk mendukung Indonesia Emas Tahun 2024?

Guru diharapkan mampu membangun investasi pendidikan untuk masa depan, dengan berprioritas pada tiga aspek, yaitu edukasi, etika dan pendidikan karakter, serta kepekaan sosial. Ketiga aspek ini harus dibangun seiring sejalan dan terpadu bagi peserta didik, sehingga diharapkan akan tecipta generasi muda  yang bukan hanya memiliki kepintaran dalam segi keilmuan, tetapi juga memiliki kecerdasan emosional dan spiritual. Keberhasilan mencetak pemimpin emas di masa mendatang diantaranya tergantung pada peran Guru sebagai pendidik.

Selain itu, guru diharapkan mampu mengedepankan sinergitas dan kolaborasi dalam pembelajaran dan pembinaan peserta didik di sekolah, baik dengan rekan Guru, orang tua /Wali Murid, Perguruan Tinggi, Dinas Pendidikan, BNN, Kepolisian, Dinas Kesehatan, maupun instansi terkait lainnya. Kolaborasi dan sinergitas ini memiliki peran penting dalam mengefektifkan proses pembelajaran yang terintegrasi serta membangun ekosistem pembelajaran yang kondusif dan Ramah Anak.

Yang paling penting dalam mengoptimalkan peran Guru untuk Indonesia Emas 2045 adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia para Pendidik. Peningkatan kualitas guru dapat dilakukan melalui inovasi yang dilakukan guru itu sendiri, maupun intervensi Pemerintah dalam menyelenggarakan berbagai pelatihan bagi Guru, baik Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Penguasaan Teknologi Informasi bagi Guru merupakan hal yang mutlak, karena tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 akan lebih kompleks dibandingkan saat ini. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *