Trump atau Biden di Mata Hergun: Siapa Lebih Untungkan Perekonomian Indonesia?

  • Whatsapp
Ketua DPP Partai Gerindra Heri Gunawan

Oleh : Heri Gunawan
Anggota Komisi XI DPR-RI
Fraksi Partai Gerindra

Pendahuluan

Bacaan Lainnya

Saat ini publik sejagat sedang menunggu hasil Pilpres AS. Ada 2 kandidat yang berpeluang tampil sebagai pemenang. Yaitu calon presiden yang diusung oleh Partai Demokrat Joe Biden dan inkumben Presiden dari Partai Republik Donald Trump.

Biden dan Trump merupakan 2 dari 11 capres yang saat ini sedang berkompetisi di Pilpres AS. Namun hanya keduanya yang memperoleh suara signifikan dan berhak atas elektoral dari negara-nagara bagian. Sedangkan capres lainnya hanya mendapatkan suara minimalis dan harus terus tersingkir oleh sistem winner takes all.

Namun demikian, hingga tulisan ini dibuat, belum ada satu pun capres yang memperolah batas minimal elektoral yakni 270 elektoral. Laporan terakhir, Biden sudah mendapatkan 264, sementara Trump baru mengumpulkan 214.

Trump maupun Biden saling klaim kemenangan. Bedanya, Trump meminta penghitungan suara dihentikan karena sudah melewati tanggal 3 November 2020 yang ditetapkan sebagai Hari Pemilu. Sedangkan Biden meminta semua surat suara tetap dihitung hingga tuntas.

Dari aksi saling klaim inilah tampaknya hasil Pilpres akan dibawa ke Mahkamah Agung AS. Sambil menunggu hasil Pilpres AS yang masih alot. Tampkanya perlu dibuat kalkulasi capres mana yang akan memberi keuntungan untuk perekonomian Indonesia.

Trump dan Biden, keduanya memiliki visi yang berbeda dalam memandang dunia. Trump sosok isolasionis, sedangkan Biden sosok internasionalis. Trump memilih memproteksi negaranya, Biden menginginkan pergaulan dengan dunia global. Tentu masing-masing ada sisi untung dan ruginya.

Siapa pun yang akan tampil sebagai pemenang akan memberi dampak terhadap perekonomian global, termasuk Indonesia. Bagaimana pun AS masih menyandang predikat sebagai negara adidaya.

Kebijakan di AS selalu berdampak terhadap tatanan global. Namun seberapa jauh dampaknya untuk Indonesia maka patut dilakukan kalkulasi secara seksama.

Pembahasan

Siapapun yang tampil sebagai pemenang Pilpres AS kemungkinan besar tetap akan merangkul Indonesia. Indonesia adalah pasar yang menggiurkan dengan jumlah penduduk mencapai 270 juta. Indonesia memiliki GDP lebih dari 1 triliun dollar Amerika sehingga berhak masuk dalam jajaran negara-negara elit G20. Indonesia adalah motor ASEAN. Dan, Indonesia memiliki penduduk muslim terbesar di dunia.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *