Ribka Minta Warga Tunda Kehamilan

  • Whatsapp
Ketua komisi IX DPR-RI fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ribka Tjiptaning saat menyerahkan bantuan kepada masyarakat.

SUKABUMI — Minimnya asupan gizi lantaran merosotnya pendapatan masyarakat dan PHK menjadi perhatian khusus ketua komisi IX DPR-RI fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ribka Tjiptaning.

Ia mengajak agar ibu usia produktif untuk menunda kehamilan di masa Pandemi Covid-19 ini. Sebab, kurangnya asupan gizi akan berpengaruh pada kesehatan anak atau di khawatirkan melahirkan anak stunting.

Bacaan Lainnya

“Kita akui perekonomian Indonesia saat ini sedang masa sulit. Juga hamil pada saat ini sulit bagi ibu-ibu, karena jika hamil pasti ada lesunya terlebih jika suaminya tidak kerja bisa mempengaruhi lahirnya anak stunting,” ujar Ribka disela-sela sosialisasi program bangga kencana, di Rumah Sakit Pelita Rakyat Kecamatan Lembursitu, Jumat (12/6).

Untuk itu, Ribka pun menyarankan agar masyarakat terlebih pasangan usia produktif agar rajin dan tidak takut memeriksakan diri mengontrol KB ke Puskesmas maupun Rumah Sakit.

Tidak hanya itu, dirinya pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menggunakan alat kontrasepsi KB selama Pandemi berlangsung. Selain itu, bagi kaum pria yang sudah siap pasektomi untuk segera melaksanakan.

“Jangan sampailah masa sulit ini ada kehamilan. Karena kondisinya akan lebih sulit dari masa kehamilan pada saat normal apalagi jika suami dirumahkan,”ajaknya.

Sementara itu, dalam program bangga kencana ini, pihaknya menggandeng, BKKBN Provinsi Jawa Barat untuk mensosialisasikan masyarakat agar lebih teratur dan giat memeriksakan KB ke Puskesmas maupun Rumah Sakit.

“Tentunya, jika program KB nya tidak diperhatikan bisa membuat angka kehamilan melonjak di tahun berikutnya,”imbuh dia. (why)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *