Prabowo-Gibran Makin Berpotensi Menang Satu Putaran, Elektabilitas Hampir 50 persen

Prabowo-Gibran berpotensi menang satu putaran
Prabowo-Gibran menang satu putaran

RADAR SUKABUMI – Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka semakin berpotensi menang satu putaran di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sebab, elektabilitas Prabowo-Gibran saat ini sudah hampir mencapai 50 persen lebih suara.

Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim mengatakan Prabowo-Gibran hanya perlu 5 persen suara lagi. Angka tersebut dinilai masih dapat dijangkau oleh Menteri Pertahanan dan Walikota Solo tersebut di sisa waktu kampanye hingga hari pencoblosan.

Bacaan Lainnya

“Pasangan Prabowo-Gibran hanya butuh sekitar lima persen untuk memastikan pilpres berlangsung satu putaran,” kata Kennedy saat dihubungi, Kamis (28/12).

Dalam berbagai survei memang menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran sudah hampir menyentuh 50 persen. Seperti dalam survei Polling Institute periode 15-19 Desember 2023 menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 46,1 persen, naik dari akhir Oktober di angka 43,2 persen.

Di posisi kedua terdapat pasangan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar yang mengantongi 22,6 persen dukungan. Sementara di posisi ketiga diduduki duet koalisi PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang mendapat 20,5 persen.

Tidak jauh berbeda, survei Indikator Politik Indonesia (IPI) periode 23-24 Desember juga menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 46,7 persen. Raihan itu unggul dari Ganjar-Mahfud yang memperoleh 24,5 persen serta Anies-Muhaimin di posisi buncit dengan raihan 21 persen.

Dia mengatakan salah satu alasan terus meningkatnya elektabilitas Prabowo-Gibran adalah adanya dukungan dari anak muda. Dukungan anak muda yang berjumlah besar dinilai signifikan terhadap peningkatan elektabilitas pasangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini.

“Dominasi suara Prabowo Gibran di kelompok pemilih muda masih belum tergoyahkan,”pungkas Kennedy. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *