Pengamat: Komunikasi RK Masih Buruk

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil,

BANDUNG, RADARSUKABUMI.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, diingatkan untuk berkomunikasi baik, dengan kepala daerah kabupaten/kota. Pasalnya, komunikasi menjadi langkah penting untuk mewujudkan visi Jabar Juara Lahir Batin. Begitu pandangan Pakar Politik dan Pemerintahan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung, Asep Warlan mengenai kepemimpinan Ridwan Kamil dalam satu tahun.

“Kuncinya adalah bagaimana Ridwan Kamil bisa berkoordinasi, berkomunikasi, bersinergi dengan kabupaten/kota. Tanpa itu yang bagus, mereka akan melihatnya begini sok we gubernur ngabangun sorangan,” ucap Asep, saat dihubungi, Kamis (5/9).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Ridwan Kamil tidak perlu lagi melihat perbedaan partai yang menjadi latar belakang setiap pimpinan di daerah tingkat dua. “Ridwan Kamil harus mengedepankan paham yang bisa diselaraskan, disinergikan menjadi satu irisan yang bisa dilakukan untuk membangun Jawa Barat bersama-sama,” jelasnya.

Asep menyebut, kepala daerah kabupaten/kota menginginkan pola komunikasi intensif dan bagus sebagai mitra dalam membangun Jawa Barat yang tidak menggurui ibarat atasan kepada bawahan. Untuk itu, kata Asep, Ridwan Kamil perlu memperbaiki pola komunikasi antara gubernur dengan bupati/walikota. “Jabar Juara Lahir Batin itu bukan semata-mata Jabarnya, tetapi kabupaten/kota juga harus ikut, jangan terlalaikan, jangan terbiarkan,” katanya.

Selain itu, program Kopi Darat (Kopdar) bersaa bupati/walikota dinilai sebagai seremonial dan formalitas serta tidak memiliki substansi yang berujung kesepakatan untuk membangun Jawa Barat. Maka dari itu, lanjut Asep, program yang telah berjalan tersebut harus memiliki substansi dan kesepakatan bersama dalam pembangunan. Tentunya, komitmen bersama menjadi langkah penting yang harus diperkuat ke depannya. “Hemat saya, penting meyakinkan kabupaten/kota bahwa juara itu juara bersama. Jangan hanya formalitas, basa-basi. Hanya sekadar pencitraan gubernur bagus komunikasinya,” tandasnya.

 

(yud/rmol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.