PENDIDIKAN

SMA Negeri 1 Sukaraja Juara Olimpiade se-Pulau Jawa

SUKABUMI – SMA Negeri 1 Sukaraja kembali mengukir prestasi di kancah pendidikan dengan keberhasilannya meraih juara dalam ajang Olimpiade Akuntansi se- Pulau Jawa. Olimpiade yang diselenggarakan STIE Ekuitas Bandung, pada 15 Februari 2020 lalu tersebut, dilaksanakan beberapa tahap, mulai simulasi, tahap 1, sampai tahap 3 dan diikuti satuan pendidikan tingkat SMA se-Pulau Jawa yang berada di wilayah 1 Provinsi Jawa Barat, wilayah II Provinsi Banten. dan DKI Jakarta dan wilayah III Provinsi Jawa Tengah serta Jawa Timur.

Pada olimpade tersebut, SMA Negeri 1 Sukaraja mengirimkan dua tim yaitu tim IPS dan IPA. Namun, ada beberapa proses yang harus dilalui untuk ikut serta dalam olimpiade tersebut. Lomba Olimpiade Akuntansi dimulai dengan pelaksanaan simulasi Preliminary Online.

Setiap peserta wajib mengikuti simulasi yang waktunya sudah ditentukan panitia, yaitu untuk wilayah I tanggal 16 Januari 2020, wilayah II tanggal 17 Januari 2020 dan wilayah III tanggal 18 Januari 2020.

Kemudian setiap peserta wajib mengikuti kembali Preliminary Online yang dilaksanakan pada 20 sampai 22 Januari 2020. Dari hasil preliminary online ini dipilih 20 tim yang akan lolos ke babak semi final.

Penyisihan tahap ini bertujuan menyeleksi 20 tim terbaik yang berhak memasuki babak semifinal. “Atas upaya yang gigih dari para peserta dan ketekunan para pembimbing MGMP Ekonomi SMA Negeri 1 Sukaraja dalam melatih, akhirnya Tim Realibilitas IPA SMA Negeri 1 Sukaraja pun berhasil lolos ke tahap semi final,” jelas Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sukaraja Zhairy Andhryanto kepada Radar Sukabumi, Sabtu (29/2).

Alhasil, capaian tersebut mengantarkan mereka masuk pada babak selanjutnya. Tahap semi final dilaksanakan pada 15 Februari 2020. Sebanyak 20 tim dari berbagai daerah di Pulau Jawa yang mengikuti babak semifinal, harus melewati tiga tahap untuk tetap lanjut ke babak final.

Selanjutnya dari 20 tim yang mengikuti babak final ini akan dipilih menjadi lima terbaik untuk lanjut ke babak final tahap 1. Pada babak final Tahap 1 yang termasuk lima besar ditandingkan kembali dan kemudian diambil tiga besar untuk lanjut ke babak final tahap II.

“Berdasarkan perolehan nilai tertinggi. Kali ini materi babak tersebut sangat berbeda dengan babak penyisihan. Materi game-based mendominasi babak semifinal. Namun tim IPA dari SMA Negeri 1 Sukaraja berhasil mengatasi hal tersebut dan mencapai tiga besar, sehingga mereka pun berhak untuk melenggang ke babak final,” bebernya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada Final tahap II SMA Negeri 1 Sukaraja mendapat lawan yang cukup berat, yaitu tim dari SMA Kristen Yusuf Jakarta dan tim dari SMA Santa Angela Bandung.

“Segala upaya diperjuangkan oleh tim IPA dari SMA Negeri 1 Sukaraja yang akhirnya mampu bersaing dengan menempatkan mereka sebagai jawara ketiga pada event tahunan yang dihelat oleh STIE Ekuitas Bandung tingkat SMA se- Pulau Jawa,” tandasnya.

Menurutnya, kunci keberhasilan atas kemenangan di olimpiade tersebut terletak pada tim yang solid dan spesifikasi kompetensi yang dimiliki masing-masing personil. “Tentunya, hal ini juga berkat bimbingan dan dukungan dari pihak satuan pendidikan SMA Negeri 1 Sukaraja,” pungkasnya. (den/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button