Melihat Inovasi Pembelajaran Nahwu Berbasis Aplikasi

“Jadi yang saya dorong itu ya agar peserta didik bisa berani untuk berbicara bahasa Arab dan menulis,” ujar lulusan pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Jogjakarta itu.

Dwi menuturkan, untuk mengajak anak agar tetap bisa menyukai bahasa Arab dirinya banyak membuat metode yang memudahkan anak. Selain itu, dirinya juga terus membuat inovasi agar bahasa Arab tidak dianggap sulit di tengah masyarakat.

Dwi mengawali pendidikannya di UIN Malang jurusan pendidikan bahasa Arab. Berlanjut pascasarjana di UIN Jogjakarta. Dia yang saat ini juga menekuni dua bisnis busana itu ternyata pernah melakukan riset tentang pengembangan materi nahwu dalam kitab jam’iud durus al-arabiyyah dengan mind mapping.

Dia menjelaskan, nahwu itu ilmu yang mempelajari tentang jabatan kata dalam kalimat dan harakat akhirnya, baik berubah atau i’rab atau tetap bina. Kaidah-kaidah yang dengannya diketahui hukum-hukum akhir-akhir kata bahasa Arab dalam keadaan tersusun.

Mudahnya, orang yang akan membaca kitab kuning yang tidak berharakat itu diperlukan ilmu nahwu. Sehingga, untuk menentukan huruf berfatah atau berkasrah itu salah satu ilmunya adalah nahwu.

Menurutnya, pengembangan materi nahwu dalam kitab jam’iud durus al-arabiyyah dengan mind mapping ini untuk memudahkan pembelajaran. Jadi, ada sebuah aplikasi yang memudahkan untuk belajar nahwu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.