Kampus IPB Sukabumi Dituding Curi Hak Cipta Batik Lokatmala, Begini Katanya

Lukisan gambar batik di dinding Gedung Institute Pertanian Bogor (IPB) Kampus Sukabumi
DISOAL : Lukisan gambar batik di dinding Gedung Institute Pertanian Bogor (IPB) Kampus Sukabumi dipertanyakan pengrajin Batik Lokatmala Sukabumi. (FOTO : ist)

SUKABUMI — Adanya lukisan gambar batik di dinding Gedung Institute Pertanian Bogor (IPB) Kampus Sukabumi dipertanyakan pengrajin Batik Lokatmala Sukabumi Fonna Melania.

Diakuinya, gambar Batik Masagi hasil karyanya itu sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Ham, sebagai Hak kekayaan Intelektual pada November 2015.

Bacaan Lainnya

“Batik Masagi di gedung IPB itu sudah ada dari awal dibangun gedung, dan sempat saya menunggu konfirmasi dari pihak IPB namun hingga kini belum ada pihak IPB yang beritikad baik menghubungi saya,” ungkap Fonna kepada Radar Sukabumi. Selasa (27/9/2022).

Fonna menjelaskan bahwa gambar batik miliknya berada di 4 bagian atap gedung, yang sangat jelas terlihat. Sehingga tak terlalu sulit baginya untuk mengenalinya.

Dirinya menyayangkan pihak kampus yang menggunakan logo tersebut tanpa meminta ijin padanya terlebih dulu.

“Saat ini saya masih menunggu klarifikasi dari pihak kampus terkait penggunaan batik milik saya di gedung kampus tersebut, saya yakin untuk penjelasan Haki dan Hak Cipta pihak kampus jauh lebih hapal seperti apa,” ujarnya.

Dikutip dari wikipedia, Hak Kekayaan Intelektual atau yang biasa disebut dengan HAKI adalah hak yang diperoleh dari hasil olah pikir manusia untuk dapat menghasilkan suatu produk, jasa, atau proses yang berguna untuk masyarakat. Dan Istilah HAKI di dapat dari Intellectual Property Right (IPR) yang telah diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 1994 mengenai pengesahan WTO.

Sementara itu, Wakil Manager IPB Sukabumi Prima Ghandi mengatakan, bahwa pihaknya tidak mengetahui secara pasti tentang keberadaan gambar batik di samping gedung yang saat ini mereka pakai.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *