Dikunjungi Puluhan Murid RA, Perpustakaan Kota Sukabumi Tanamkan Cinta Literasi Sejak Dini

SALAM LITERASI: Sekretaris Dispusip Kota Sukabumi Dian Sucianti (tengah) saat mengabadikan momen dengan puluhan murid RA di ruang khusus anak-anak pada Perpustakaan Kota Sukabumi, Selasa (27/9). FOTO: AHMAD FAUZY/RADAR SUKABUMI

SUKABUMI, RADAR SUKABUMI – Perpustakaan Kota Sukabumi dikunjungi oleh puluhan murid sejumlah Raudlatul Athfal se-Kota Sukabumi, Selasa (27/9). Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kota Sukabumi Dian Sucianti mengatakan, hal tersebut merupakan kunjungan terjadwal.

“Bulan ini khusus kunjungan dari anak-anak murid raudhatul athfal se-Kota Sukabumi. Nanti bulan depan dari Taman Kanak-kanak, selanjutnya dari PAUD,” kata Dian kepada Radar Sukabumi.

Dian menjelaskan, khusus kunjungan dari raudhatul athfal ada yang spesifik. Yakni, pustakawan akan mencerita cerita atau dongeng yang bersifat Islami.

“Karena kan beda ya, RA itu satuan pendidikan berbasis Islam. Maka pustakawan kami juga memberikan cerita tentang Nabi dan Rasul, ya cerita-cerita Islami gitu,” ujar Dian.

Ada tujuan khusus dari agenda kunjungan tersebut. Dian berharap, timbul rasa kecintaan terhadap dunia literasi lewat perpustakaan sejak dini.

“Kita tidak sedang mengajarkan anak-anak harus bisa membaca, tapi kita mengenalkan apa itu membaca lewat literasi. Nah, salah satunya adalah dengan media buku,” tutur Dian.

Di Perpustakaan Kota Sukabumi, lanjut Dian, terdapat 87.000 judul buku. Khusus untuk anak-anak, sejumlah satu pertiga dari total judul buku tersebut. Dan, masing-masing judul terdapat lebih dari satu eksemplar.

“Jadi ada banyak buku-buku bacaan yang ada di Perpustakaan Kota Sukabumi ini. Ini menunjukkan semangat literasi kita cukup baik. Nah, salah satu implementasinya adalah menanamkan rasa cita literasi kepada anak-anak TK, anak PAUD dan RA sejak dini,” pungkas Dian. (izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *