Sesar Naik Flores Menggeliat

  • Whatsapp

JAKARTA – Sesar Naik Flores yang berada di sekitar Nusa Tenggara Barat (NTB) kemarin (6/12) menggeliat. Hal ini menyebabkan Mataram dan beberapa daerah disekitarnya diguncang gempa. Beruntung gempa dengan magnitudo 5,3 sekala richter (SR) tidak menimbulkan bencana.

Kepla Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menuturkan bahwa gepa tersebut sempat membuat warga panik. Namun kepanikan tak berlangsung lama.

Bacaan Lainnya

”Gempa tidak berpotensi sunami,” ujar Sutopo. Peringatan tersebt yang membuat kepanikan mereda. Meski demikian sebagian sekolah memulangkan siswanya.

Gempa yang terjadi pada 09.02 WITA itu berpusat di 23 km Barat Laut Mataram. Pusat gempa berada pada kedalaman 10 km. ”Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa. Guncangan gempa dirasakan kuat selama 5 detik di Kota Mataram,” ujarnya.

Selain Lombok, di Bali pun merasakan gempanya. Menurut Sutopo, gempa di Denpasar terasa sedang. ”Sebagian masyarakat keluar dari rumah dan bangunan,” bebernya.

Sementara itu Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono menyatakan bahwa gempa tersebut karena aktivitas sesar naik flores.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *