Prof Romli Bongkar Arteria Dahlan Kuliah di Unpad, Rasa Hormatmu di Mana?

Ahli hukum Prof. Romli Atmasasmita
Ahli hukum Prof. Romli Atmasasmita Universitas Padjajaran Bandung. Foto Unpad

JAKARTA – Guru Besar bidang hukum Universitas Padjadjaran (Unpad) Profesor Romli Atmasasmita mengungkap, Arteria Dahlan adalah mahasiswa program doktor ilmu hukum di Unpad.

Unpad sendiri adalah salah satu universitas di Jawa Barat kebanggaan masyarakat Sunda. Akan tetapi, Arteria Dahlan malah membuat pernyataan yang menunjukkan ketidaksukaan terhadap bahasa Sunda.

Bacaan Lainnya

“Yang bersangkutan tidak suka orang sunda bicara bahasa sunda, tetapi studi dari 99 persen guru besar di Fakultas Hukum yang berasal dari orang sunda,” sindir Prof Romli.

“Rasa malumu di mana?” sambungnya dikutip dari RMOL, Kamis (20/1/2022).

Karena itu, Prof Romli pun sangat menyesalkan ucapan yang dilontarkan politikus asal Sumatera Barat itu. Menurutnya, ucapan anggota Komisi III DPR RI itu sangat melulai masyarakat Sunda dan Jawa Barat.

“Pernyataan yang bersangkutan bentuk penghinaan berbasis sentimen kesukuan yang tidak sepatutnya keluar dari mulut seorang anggota DPR,” kecamnya.

Prof Romli juga menilai ucapan Arteria Dahlan itu sudah cukup untuk menunjukkan sifat aslinya kepada publik. “Untuk menunjukkan bahwa ia memiliki kekuasaan, bicara apa saja yang ia kehendaki,” kecam Prof Romli Atmasasmita.

PDIP dan Puan Kena Getah

Sementara, pengamat politik Ujang Komaruddin menyebut, bukan tidak mungkin ulah Arteri Dahlan itu berpengaruh terhadap perolehan suara PDIP di Pemilu 2024 mendatang. Selain PDIP, Puan Maharani yang disebut-sebut akan diusung jadi capres pun akan kena getahnya.

“Saya rasa masalah ini tidak hanya akan membuat orang Sunda marah, tapi juga berpengaruh ke elektabilitas Puan Maharani di Jabar,” ujarnya kepada PojokSatu.id, di Jakarta, Jumat (21/1/2022).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.