Ngeri! Video Lumpur Luluh Lantakan Hutan

  • Whatsapp
Lumpur bergerak bikin hutan luluh lantak di Lebak Banten.

JAKARTA – Video lumpur bergerak viral di media sosial. Lumpur bergerak membuat hutan dan perkebunan luluh lantak.

Warganet menyebut peristiwa itu terjadi di Cidurian, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (6/1/2020) hari ini.

Bacaan Lainnya

Namun saat dicek ke lapangan, ternyata tak ada peristiwa lumpur bergerak maupun longsor susulan di Jasinga pada Senin (6/1).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) memberikan konfirmasi tentang video berdurasi 29 detik tersebut.

Melalui akun Facebook resmi BNPB menyebutkan bahwa lokasi pergerakan lumpur itu bukan di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor.

Berdasarkan sumber yang diterima BNPB dari Bupati Lebak, Banten, peristiwa tersebut terjadi di aliran Sungai Cidurian yang melalui Kecamatan Curugbitung dan Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak Banten.

Sungai Cidurian merupakan sungai yang mengalir dari Pegunungan Halimun melewati Kabupaten Bogor Jawa Barat dan provinsi Banten, kemudian bermuara ke Laut Jawa.

BNPB mengimbau agar masyarakat miningkatkan kewaspadaan dan mengungsi ke tempat yang lebih aman, terutama bagi warga yang tinggal di Kecamatan Curugbitung, atau kawasan yang dilalui Sungai Cidurian.

Sebelumnya, Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, hujan diprediksi akan berlangsung sampai Februari.

Karena itu, Doni mengimbau masyarakat yang tinggal di lereng dengan kemiringan 30 derajat untuk mengungsi.

“Warga yang tinggal di bagian bawah diimbau mencari tempat yang lebih tinggi untuk bisa selamat dari kemungkinan longsor dan banjir bandang,” kata Doni Monardo saat meninjau lokasi banjir dan longsor di Bogor, Minggu (5/1/2020).

Khusus untuk di Kabupaten Bogor, Doni mengimbau masyarakat tidak lagi menggunakan lahan yang memiliki kemiringan dengan menanam tanaman semusim, seperi jagung dan hortikultura.

“Saya ingin ajak warga Bogor ini mulailah menanan jenis vegetasi, jenis tanaman yang punya fungai ekologis tapi memiliki nilai ekonomis,” kata Doni.

Berikut ini video lumpur bergerak di Lebak yang disebut warganet terjadi di Bogor Jawa Barat:

(one/pojoksatu)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *