Maluku Digucang Gempa

  • Whatsapp

MALUKU, RADARSUKABUMI.com – Gempa berkekuatan 7,2 skala richter (SR) mengguncang, Labuha, Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut) pada Minggu (14/7) sore. Gempa tersebut terjadi pada pukul 16.10 WIB. Serangkaian gempa susulan berkekuatan lebih dari 5,0 SR sempat terjadi berulang kali. Namun dalam catatan terakhir yang diunggah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Malut, kekuatan gempa susulan dalam setengah jam terakhir tidak lebih dari 4 SR.
Bahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengunggah video berisi imbauan kepada masyarakat, terutama yang lari ke tempat tinggi, untuk kembali ke rumah masing-masing. Ini lantaran gempa tidak menimbulkan potensi gelombang tsunami. “Masyarakat yang berada di daerah ketinggian untuk segera kembali ke rumah, melanjutkan aktivitas seperti biasa, dan mengikuti arahan dari BPBD dan TNI-Polri yang sudah diterjunkan ke titik keramaian,” ujar seseorang berpakaian dinas BMKG dalam unggahan tersebut.
Masyarakat juga diminta untuk tidak terpancing dengan informasi bohong yang bertebaran pasca gempa. Sebab, tidak jarang video yang diunggah adalah video lama dan tidak berkaitan dengan gempa di Labuha dan sekitarnya. “Tolong dikonfirmasi ke info resmi BMKG, maupun stakeholder lain,” pungkasnya. (jpg/rmol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *