Daftar Nama 41 Korban Tewas Kebakaran Lapas Tangerang, Cek Datanya

  • Whatsapp
Lapas Klas I Tangerang
Jenazah narapidana kebakaran Lapas Klas I Tangerang di RSUD Kabupaten Tangerang. Foto JawaPos.com

TANGERANG – 41 orang tahanan tersebut dipastikan seluruhnya adalah narapidana yang tengah menjalani masa hukuman. 41 korban tersebut tewas terpanggang lantaran terkunci di dalam ruang sel tahananan.

Sementara puluhan orang lainnya, dilaporkan mengalami luka bakar. Delapan di antaranya mengalami luka bakar serius. Total korban luka yang dilaporkan berjumlah 73 orang.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pemeriksaan sementara, kebakaran di Blok C2 tersebut dipicu adanya hubungan pendek listrik atau korsleting. “Meninggal 41 orang. Satu tindak pidana terorisme, satu tindak pidana pembunuhan dan lainnya narkoba,” ungkap Menkumham Yasonna Laoly di Lapas Tangerang, Rabu (8/9/2021).

Selain itu, juga terdapat dua warga negara asing, yakni asal Portugal dan Afrika Selatan. Untuk itu, Kemenkumham akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan pihak kedutaan untuk proses pemakaman dari napi WNA tersebut.

“Ada dua WNA ini kami bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan juga konsuler dan kedutaan dari pada keluarga bagaimana nanti dimakamkan, karena ini menyangkut negara lain,” jelasnya.

Yasonna mengakui, bangunan Lapas Klas I Tangerang tersebut memang sudah cukup tua. “Kondisi Lapas Klas I Tangerang ini dibangun 1972. Jadi (usianya) sudah 42 tahun,” kata dia.

Namun sejak dibangun sampai sekarang, tidak pernah ada perbaikan atau pembaruan instalasi kelistrikan. “Sejak itu kita tidak memperbaiki instalasi listriknya. Ada penambahan daya, tetapi instalasi listiriknya tetap,” bebernya.

Sampai saat ini, dugaan sementara kebakaran tersebut lantaran adanya hubungan pendek atau korsleting. “Dugaan sementara seperti yang disampaikan Pak Kapolda adalah karena persoalan listrik arus pendek,” kata Yasonna.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *