Aliran Sesat Bab Kesucian Muncul di Sulsel, Anggotanya Dilarang Salat 5 Waktu

aliran sesat
Ilustrasi: Selebaran yang diduga berisi aliran sesat (Dok.JawaPos.com)

JAKARTA -– Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan (Sulsel) menemukan dugaan aliran sesat bernama Bab Kesucian. Aliran tersebut ditemukan di Kelurahan Samata, Kecamatan Somba Opu, Gowa, Sulsel. Kementerian Agama (Kemenag) segera verifikasi lapangan dan mengajak dialog anggota aliran tersebut.

Diantara ajaran aliran tersebut yang dicap sesat adalah, anggotanya dilarang salat lima waktu. Kemudian juga tidak boleh makan ikan. Menurut MUI Sulsel, ajaran dari aliran Bab Kesucian tersebut sudah jelas keluar dari ajaran Islam.

Bacaan Lainnya

Menag Yaqut Cholil Qoumas merespon adanya aliran Bab Kesucian itu. dia mengatakan sudah meminta jajaran Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan untuk melakukan verifikasi lapangan. Sehingga bisa mendapatkan informasi yang lengkap secara langsung dari orang terkait.

’’Penting untuk mendapatkan informasi yang benar-benar berdasarkan informasi yang sebenarnya. Selanjutnya diajak dialog,’’ tuturnya di Jakarta Senin (2/1). Dia menegaskan pendekatan yang mereka lakukan adalah dialog. Termasuk mendengar penjelasan langsung dari pentolan atau pengikut aliran Bab Kesucian tersebut.

’’Perlu digali, sumber keyakinan mereka dari mana. Dan argumentasinya seperti apa,’’ jelasnya.

Pos terkait