Tim Museum Prabu Siliwangi Kembali Temukan Benda Purbakala

PENEMUAN: Tim Napak Tilas Nyucruk Galur Mapay Situs menemukan benda purbakala di sebuah lembah tidak jauh dari Istana Kepresidenan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

RADARSUKABUMI.com –  Tim Napak Tilas Nyucruk Galur Mapay Situs dari Museum Prabu Siliwangi Sukabumi melakukan ekskavasi berbagai benda purbakala di sebuah lembah tidak jauh dari Istana Kepresidenan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Hasilnya tim berhasil menggali dan mengevakuasi benda-benda kuno diwilayah tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kami diundang untuk datang ke sini oleh pengurus Lembah Pasirsumbul untuk menggali dan meneliti lebih lanjut situs cagar budaya di sini,” kata pengelola Museum Prabu Siliwangi KHM. Fajar Laksana, Selasa (16/6).

Tim museum prabu Siliwangi telah menggali dan meneliti berbagai benda kuno seperti batuan bertumpuk atau punden berundak, batu berbentuk kapak, batu lumpang, batu menhir, batu dolmen dan manik -manik perhiasan juga fosil kayu.

” Tadinya benda benda ini akan dibawa ke Sukabumi Namun kami memutuskan untuk datang ke sini. Selanjutnya pemerintah daerah dapat menindaklanjuti temuan situs baru ini,” ujarnya.

Penelitian dan penggalian benda kuno tersebut dilakukan di Pasir sumbul terletak di Kampung Parabon Pojok, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Fajar menduga di sekitar Pasirsumbul masih banyak benda-benda peninggalan masa lalu lainnya yang belum tergali.

Pengelola Pesantren Dzikir Al-Fath ini mendapat informasi yang menyatakan bahwa terdapat Arca Polenisia di Puncak Gunung Pangrango.

Pos terkait