Pemerintah Kota Sukabumi

Rencana Pembangunan Kota Sukabumi 2021 Disusun

CIKOLE– Perencanaan pembangunan Kota Sukabumi 2021 mulai disusun oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi. Sejumlah program unggulan, prosedur perencanaan serta prioritas pembangunan infrastruktur 2021 mulai susun.

Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Rudi Djuansyah menjelaskan, kick off meeting perencanaan 2021 bertujuan untuk menyamakan persepsi diantara semua pihak terkait arah ebijakan perencanaan pembangunan Kota Sukabumi tahun 2021.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengsosialisasikan program unggulan tahun anggaran 2020 dan 2021, serta mengsosialisasikan mekanisme dan prosedur perencanaan serta prioritas pembangunan infrastruktur,” jelasnya kepada Radar Sukabumi dalam kegiatan kick off meeting perencanaan 2021 di Hotel Maxone, Kecamatan Cikole, Senin (2/12).

Pasca kegiatan ini, lanjut Rudi, tahapan perencanaan 2021 untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021 di mulai. Diantaranya, mulai dari rancangan awal RKPD, rancangan, rancangan akhir hingga penetapan RKPD 2021. Sedangkan tema dan prioritas pembangunan 2021 ini yakni pemantapan kesejahteraan masyarakat dan penguatan daya saing ekonomi daerah.

“Rancangan awal RKPD mulai dari Musrenbang tingkat kelurahan, kecamatan sampai forum perangkat daerah. Kemudian, rancangan RKPD mulai dari fasilitasi rencana awal dan rencana kerja perangkat daerah, Musrenbang tingkat kota, penajaman rencana kerja hingga penyempurnaan rancangan RKPD, selanjutnya rancangan akhir dan penetapan RKPD,” beber Rudi.

Adapun prioritas infrastruktur 2021, mulai dari pembangunan gedung sukabumi creatif hub, mall pelayanan publik, gedung parkir, kawasan wisata Cikundul, gedung kegiatan perekonomian di lahan bekas terminal Sudirman, perencanaan Jalan A Yani bebas parkir, dan lanjutan pembangunan gedung pengujian kendaraan bermotor.

“Termasuk, pembangunan gedung OPD di kawawasan pusat pemerintahan, gedung sukabumi comand center, kantor kecamatan gunungpuyuh, embung wisata di Kelurahan Cikundul, revitalisasi pasar Gudang dan pembangunan pusat kesehatan hewan terpadu,” sebut Rudi.

Sedangkan tema dan prioritas pembangunan 2021 ini yakni pemantapan kesejahteraan masyarakat dan penguatan daya saing ekonomi daerah. Mulai dari, peningkatan kualitas SDM, ketahanan keluarga dan sosial kemasyarakatan. Penataan infrastruktur dan tata kota dengan penerapan prinsip pembangunan berkelanjutan.

“Juga pemantapan kesejahteraan masyarakat dan penguatan daya saing ekonomi, kualitas lingkungan dan reformasi birokrasi, penmingkatan pelayanan publik, penataan kelembagaan dan kinerja perangkat daerah,” tutupnya.

Sementara itu, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi menambahkan, kegiatan ini untuk mengkonsolidasikan hal-hal prioritas yang harus di persiapkan oleh para SKPD berdasarkan RPJMD dan road map yang sudah dibangun, mulai dari kegiatan yang bersifat fisik maupun non fisik.

“Road map kita persiapkan setiap tahun, dan 2021 merupakan tahun ketiga sebagai pemantapan untuk mendukung pencapaian visi misi pemerintah Kota Sukabumi,” pungkasnya. (upi/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button