Satgas TMMD Kota Sukabumi Ingin Petani Cikundul Kuat, Ini yang Dilakukan

  • Whatsapp
Satgas TMMD Kota Sukabumi bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Sukabumi menyuluh para petani di Cikundul.

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kota Sukabumi menggelar Kegiatan Penyuluhan Pertanian di Aula Kelurahan Cikundul, Jalan Merdeka, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan petani dan warga sekitar.

Pasiter Kodim 0607/Kota Sukabumi Kapten Mahtom Tohari yang membuka kegiatan ini mengatakan, tak hanya pembangunan fisik, namun juga ada pembangunan non fisik yang difokuskan di Kampung Tegalpanjang, Cikundul.

Bacaan Lainnya

“Salah satu kegiatan bidang non-fisik yang disentuh kali ini bidang pertanian karena sebagian masyarakat Cikundul adalah petani. Kami ingin membangun sektor pertanian yang kuat,” kata Kapten Mahtom Tohari kepada Radarsukabumi.com, Rabu (31/7/2019).

Pada kegiatan kali ini, Kodim 0607/Kota Sukabumi melibatkan Dinas Pertanian Kota Sukabumi. Materi tentang pertanian disampaikan oleh penyuluh dari Dinas Pertanian Kota Sukabumi Kusnaya, SP.MM.

Dalam pemaparannya, Kusnaya menyuluh tentang masalah asuransi pertanian. Yakni para petani harus membayar sejumlah uang untuk membayar premi asuransi.

“Jika ingin masuk asuransi dan premi ini dibayarkan sekali dalam sekali musim tanam padi. Apabila dalam satu musim itu gagal panen maka akan diganti oleh pihak asuransi,” ujarnya.

Kusnaya juga menjelaskan tentang lahan pertanian berkelanjutan dan menjelaskan manfaat dari program Kartu Tani. Selain itu juga ada program pupuk bersubsidi yang dapat diterima petani kecil yang selama ini kesulitan mendapatkan pasokan.

“Dengan Kartu Tani pemerintah bisa mengetahui dengan tepat data petani yang membutuhkan pupuk dan jumlah pupuk yang dibutuhkan. oleh karena itu distribusi pupuk subsidi akan lebih efisian dan tepat sasaran. ” pungkasnya.

(izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *