Butuh BLUD Kredit Anyelir UMKM

KOTA SUKABUMI – Dinas Koprasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Pendistribusian Kota Sukabumi mendorong pembentukan Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) kredit anyelir Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Sukabumi.

Kepala Dinas Koprasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Pendistribusian Kota Sukabumi, Ayep Supriatna mengungkapkan, untuk mendorong tumbuh kembangnya UMKM di Kota Sukabumi rasanya diperlukan BLUD kredit anyelir.

Bacaan Lainnya

“Menurut saya harus, dengan terbentuknya BLUD yang secara khusus mengatur permodalan UMKM, secara langsung pertumbuhannya pun baik, dan hal ini sudah saya sampaikan kepada Walikota,” ungkap Ayep kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

Setelah terbentuk BLUD dana bergulir UMKM, secara langsung memiliki legitimasi permodalan UMKM dapat juga mendorong untuk menarik permodalan dari pemerintah pusat.

“Permodalan UMKM dari kementrian bisa disalurkan melalui BLUD dana bergulir. Jadi, kami (Pemerintah,red) bisa memberikan kredit tanpa bunga kepada UMKM di Kota Sukabumi,” tuturnya.

Walaupun demikian, sampai saat ini pemerintah juga memiliki Bank Pasar dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang juga membantu permodalan bagi UMKM. Namun, karena lembaga keuangan itu tidak secara khusus mengurus UMKM, jadi seluruh UMKM belum terpenuhi.

“Kita ada juga Bank Pasar dan BPR Kota Sukabumi, tapi itu belum bisa membantu permodalan UMKM seluruhnya, termasuk lembaga permodalan swasta lainnya. Makanya menurut saya perlu ada,” ungkapnya.

Dirinya berharap, lembaga dana bergulir UMKM ini dapat terwujud di Kota Sukabumi. Dengan begitu, UMKM di Kota Sukabumi dapat berkembang dengan pesat. “Semoga saja terwujud, kami pun bakal mendorongnya, karena ini memang seharusnya ada untuk pengembangan UMKM,” pungkasnya. (upi/t)

Pos terkait