Anggaran P2RW Kota Sukabumi Naik di 2022, capai Rp 25 juta

  • Whatsapp
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi.

CIKOLE – Selain anggaran insentif RT dan RW, Pemerintah Kota Sukabumi juga akan menaikan anggaran Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) pada tahun 2022 mendatang. Rencananya, Anggaran tersebut bisa mencapai sampai Rp. 25 juta setiap RW.

“Program P2RW ini dapat menciptakan partisipasi warga dalam kegiatan pembangunan di wilayah dan P2RW yang sejatinya sebagai dana stimulan direspon luar biasa oleh masyarakat. Jadi tahun depan anggarannya akan ditambah,” ujar Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, Tahun ini besaran dana P2RW mencapai Rp20 juta untuk tiap RW. Hebatnya dari dana sebesar itu, realisasi hasil pembangunannya bisa mencapai Rp50 juta bahkan lebih karena adanya swadaya dari masyarakat.

“Makanya kita coba untuk ditambah lagi anggarannya. Agar pembangunan di Kota Sukabumi bisa merata di setiap wilayah,” ungkapnya.

Lanjutnya, dana P2RW ini tidak terkena recofusing,berbeda dengan Dana Kelurahan yang bersumber dari APBN yang sebagian anggarannya terkena refocusing. Tahun ini Dana Kelurahan tetap cair, tapi tidak dalam bentuk kegiatan fisik tapi untuk nonfisik.

Di hadapan para RT dan RW, Walikota menyampaikan pesan agar mereka bisa memaksimalkan pembangunan yang berbasis P2RW karena hasil pembangunan tersebut bisa memiliki efek ganda bagi masyarakat.

Sementara itu Camat Warudoyong Ratna mengatakan, tingkat partisipasi dan swadaya masyarakat setiap tahunnya terus meningkat untuk kegiatan P2RW di wilayahnya.

Masyarakat bukan hanya berpartisipasi dalam bentuk dana, tenaga, pikiran, dan moril tetapi juga ada yang menghibahkan tanahnya untuk mendukung pembangunan P2RW.

“Alhamdulillah tingkat swadaya masyarakat terus meningkat. Hasil pembangunannya kebanyakan melebihi dari anggaran Rp20 juta. Saya kagum pada warga yang menghibahkan tanahnya untuk pembangunan P2RW,” katanya. (bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *