Musda ke-6 DPD PPNI Kota Sukabumi Segera Digelar

SUKABUMI – Guna mengoptimalkan peran aktif Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dalam mengawal transformasi sistem layanan kesehatan, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Sukabumi bakal menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-6, yang rencananya diselenggarakan pada 17 Februari 2024, mendatang.

Musda yang mengusung tema ‘Mengoptimalkan Peran Aktif PPNI dalam Mengawal Transformasi Sistem Layanan Kesehatan’ tersebut, sebagai upaya untuk menetapkan arah kebijakan PPNI selama lima tahun ke depan, serta melantik Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi yang baru. “Musda ini, akan menjadi platform bagi anggota PPNI untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam mewujudkan sistem layanan kesehatan yang lebih baik,” ungkap Ketua DPD PPNI Kota Sukabumi, Irawan Danismaya kepada Radar Sukabumi, Senin (12/2).

Bacaan Lainnya

Pria kelahiran Pangandaran ini menjaskan, dalam Musda ke6, PPNI Kota Sukabumi akan menetapkan arah kebijakan yang akan dijalankan dalam lima tahun ke depan. “Salah satu kontribusi monumental yang dilakukan PPNI Kota Sukabumi adalah peran perawat sebagai garda terdepan dalam melawan Covid-19 selama dua tahun terakhir. Dengan komitmen dan dedikasi tinggi, perawat berhasil memberikan pelayanan kesehatan yang optimal dan menjadi contoh bagi daerah lain,” jelasnya.

Menurutnya, komitmen PPNI Kota Sukabumi dalam menghadapi perubahan yang terjadi dalam sistem layanan kesehatan sangat kuat. Pasca terbitnya Undang-undang Kesehatan nomor 17 Tahun 2023, PPNI harus mengadaptasi diri dan mengoptimalkan peran organiasi profesi kesehatan dalam pengembangan kompetensi anggotanya. “Meskipun terjadi perubahan struktural, pembinaan perilaku dan keterampilan professional perawat tetap menjadi fokus utama PPNI. PPNI juga berkomitmen untuk menjaga kesejahteraan anggota serta martabat profesi perawat,” bebernya.

Disinggung soal prestasi yang ditoreh selama menjabat Ketua DPD PPNI, Irawan membeberkan, sejauh ini berhasil menoreh berbagai prestasi yang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, seorang perawat yang telah mengabdikan dirinya di dunia keperawatan selama bertahun-tahun ini berhasil menciptakan jargon PPNI Kota Sukabumi yaitu ‘Urang Loba Kudu Bisa’ yang menggambarkan semangat dan keunggulan perawat. “Tak hanya itu, saya juga juga menciptakan lagu Karatagan Perawat Jawa Barat bersama dengan Bapak Yan Galih,” bebernya.

Tak hanya itu, pria yang kini tengah menempuh Pendidikan Doctoral in Nursing di Philipina tersebut juga sebagai perintis program Perawat Mengajar yang merupakan wadah pengabdian kepada masyarakat. “Selain itu, juga sebagai inisiator dan kolaborator Program Home Care (HC) Kota Sukabumi dan program lainnya,” imbuhnya.

Ia menambahkan, PPNI Kota Sukabumi berkomitmen untuk terus memperjuangkan peran aktif dalam mengawal transformasi sistem layanan kesehatan, dengan tujuan akhir mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. “Dengan kerja sama yang solid dan sinergi yang kuat, kami yakin dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia,” pungkasnya. (Bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *