Lestarikan Budaya Sunda, Gelar Wayang Golek

  • Whatsapp
ejumlah pengunjung saat melihat pertunjukan Wayang Golek di Bumi Perkemahan Villa Cantik.

RADARSUKABUMI.com – Dalam upaya melestarikan warisan budaya sunda Taman Wisata dan Bumi Perkemahan Villa Cantik yang terletak di Kelurahan Dayeuh luhur Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi menggelar pertunjukan Wayang Golek yang dipimpin oleh Dalang Cilik.

Pertunjukan tersebut dilakukan setiap akhir pekan, para pengunjung yang datang ke Villa Cantik mulai dari anak-anak hingga dewasa menikmati pertunjukan Wayang Golek secara gratis.

Bacaan Lainnya

“Kita sengaja ingin mengembangkan seni tradisional Sunda yang hilang di Sukabumi, kebetulan kita punya dalang cilik hasil binaan saya, peralatan yang ada juga terbatas,”kata pemilik Taman Wisata Buper Villa Cantik, Dadang Kuswandi.

Dadang yang sejak kecil gemar dan senang dengan wayang Golek, ingin menyelematkan dan melestarikan kebudayaan tersebut dengan terus mengingatkan anak-anak agar paham dan senang dengan Wayang Golek, untuk itu alur cerita oleh Dalang Cilik dibuat semenarik mungkin agar para pengunjung senang dan tidak bosan.

Melalui pertunjukan wayang Golek juga, ada pesan khusus dari Dalang Cilik tentang apa itu Virus Corona dan bagaimana menghindari Virus tersebut. “Dalang menyampaikan lewat pertunjukannya kenapa kita harus pakai masker dan cuci tangan, serta bahayanya Virus Corona,”katanya.

Buper Villa Cantik sendiri baru buka kembali sekitar tiga pekan lalu, setelah hampir Lima bulan tutup karena adanya pandemi Covid-19, untuk fasilitas perkemahan pun belum ada pengunjung baik dari sekolah-sekolah maupun umum, kini pengunjung yang datang hanya sekedar ingin menikmati keindahan alam sambil makan bersama (botram dengan keluarga) dan berenang.

Lanjut Dadang, keunikan pertunjukan Wayang Golek oleh Dalang Cilik menjadi daya tarik pengunjung khususnya anak-anak.

“Keahlian Dalang Cilik yang memainkan wayang Golek, memang menjadi daya tarik pengunjung, disisi lain kita tidak ingin budaya leluhur punah karena perkembangan jaman. Anak-anak jangan fokus terus dengan gadgetnya, makanya kita kenalkan terus wayang Golek,”ujar Dadang.

Sementara itu, salah seorang pengunjung dari Bandung, Fatmawati mengatakan, keberadaan Buper Villa Cantik melalui media sosial membuat dirinya datang ke Kota Sukabumi bersama keluarga Karena penasaran. Kata Fatmawati suasana Buper Villa Cantik mirip dengan suasana di Lembang Bandung.

“Udaranya sejuk, karena didalam selain banyak pohon rindang, ada saluran sungai. Yang menarik ada pertunjukan Wayang Golek oleh Dalang Cilik, anak-anak saya dan keluarga senang melihatnya,”pungkasnya. (Bal)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *